WhatsApp Bakal Hadirkan Enkripsi Untuk Backup Data di iCloud

LIGACAPSA –  Aplikasi perpesanan WhatsApp telah menerapkan fungsi end-to-end encryption untuk fitur chat di aplikasinya.

Namun fitur itu masih belum tersedia untuk fungsi backup di layanan cloud, salah satunya adalah iCloud.

Dengan kata lain, pencadangan data percakapan WhatsApp di layanan cloud, seperti iCloud, belum dilindungi fitur keamanan. Karenanya, masih ada celah keamanan untuk data WhatsApp di layanan tersebut.

Meski saat ini belum tersedia, menurut laporan WABetaInfo, WhatsApp berencana untuk mengubahnya. Jadi, WhatsApp akan menghadirkan pula dukungan keamanan untuk data yang dicadangkan iCloud.

Dikutip dari Forbes via Tekno Liputan6.com, fitur keamanan ini baru tersedia di WhatsApp versi beta untuk iOS dan akan digulirkan dalam waktu dekat.

Apabila benar hadir, kehadiran fitur ini jelas akan mendukung secara keseluruhan keamanan WhatsApp, tidak hanya percakapan yang ada di dalam aplikasi.

1 dari 1 halaman

Dengan fitur ini pula, berdasarkan keterangan yang ada, WhatsApp akan menghadirkan fitur enkripsi untuk riwayat percakapan yang ada di iCloud, termasuk media di dalamnya.

Untuk sekarang, fitur ini memang baru diketahui hadir di iOS dan kemungkinan versi Android akan menyusul.

WhatsApp sendiri memang sudah menyatakan bahwa data yang dicadangkan di layanan cloud tidak dilindungi. Namun banyak pengguna yang tidak menyadari hal tersebut.