Warga Inggris yang Sempat jadi Gelandang di Bali Akhirnya Dideportasi ke Negaranya

LIGACAPSA –  Petugas Imigrasi Denpasar, Bali, akhirnya mendeportasi Warga Negara Asing (WNA) asal Inggris bernama Michael Wilkinson (64) yang sempat menjadi gelandangan dan terlunta-lunta di kawasan Kuta, Bali.

Bule tersebut, dideportasi lewat Terminal International Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, pada Sabtu (1/8) sekitar pukul 18:00 Wita.

“Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar melaksanakan kegiatan pendeportasian warga negara Inggris dengan jumlah satu orang melalui Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai,” kata I Putu Surya Dharma selaku Kepala Sub Bagian Humas Reformasi Birokrasi dan Teknologi Informasi Kanwil Kemenkumham Provinsi Bali, Sabtu (1/8) malam.

Ia menyampaikan, warga asing itu telah melanggar Pasal 75 ayat (1) Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian dan dikenakan tindakan adminsitratif keimigrasian berupa pendeportasian dan namanya dimasukkan dalam daftar Penangkalan selama 6 bulan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 75 ayat (2) huruf a dan f Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang keimigrasian.

“Pendeportasian dilakukan dengan penerbangan QR961 dan QR027 dengan waktu keberangkatan pukul 22.00 Wita, dengan tujuan Denpasar- Doha-Machester,” ujar Surya.

Seperti diberitakan, seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Bolton Inggris, bernama Michael Wilkinson (64) diketahui kehabisan bekal dan terlunta-lunta di Bali dan tertidur di Bale Bengong, di Desa Cemagi, Kabupaten Badung, Bali.

“Waktu itu, petugas linmas patroli ada orang tidur di Bale Bengong dan (warga asing). Kemudian, dibawa ke Polsek Mengwi,” kata Kepala Satpol PP Badung I Gusti Agung Ketut Suryanegara, saat dihubungi, Rabu (29/7) lalu.

Warga asing tersebut, awal diketahui menjadi gelandangan. Setelah, mendapatkan informasi dari warga, bahwa ada bule di pinggir Pantai Munggu, Kecamatan Mengwi, Badung, Bali, sedang kehabisan bekal.

Bule tersebut, diketahui berjalan dari Pantai Jimbaran hingga ke Pantai Munggu. Selanjutnya, petugas melakukan pengecekan dan bule tersebut ditemukan di tertidur di Bale Bengong, di Desa Cemagi, Kabupaten Badung, Bali, pada Selasa (28/7) sekitar pukul 22:00 Wita dan langsung diamankan ke Mapolsek Mengwi.

Selain itu, bule tersebut diketahui selama ini menginap di kawasan Jimbaran, Bali, dan kehabisan bekal. Sehingga, hidupnya terlunta-lunta di Bali dan untuk sehari-hari bule itu memintan-minta sama orang atau warga setempat.

Kemudian, untuk saat ini bule tersebut diamankan di Mapolsek Mengwi, Bali, dan akan diserahkan ke pihak imigrasi agar ditindaklanjuti oleh pihak konsultannya.

“Dia sudah lama di Bali, dan kehabisan bekal. Iya, sama kasusnya minta-minta sama orang. Dia sebelumnya di Jimbaran,” ujar Suryanegara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *