Ungkap Kebiasaan Ngemil Orang Indonesia, dari Jenis Camilan sampai Waktu Favorit

LIGACAPSA¬† Indonesia bersama 11 negara lain, yakni Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Brasil, Prancis, Jerman, Britania Raya, Rusia, Tiongkok, India, dan Australia jadi sasaran survei onliine “The State of Snacking” tentang kebiasaan ngemil oleh The Harris Poll untuk Mondelez Internasional.

Diikuti enam ribuan partisipan, studi ini menganalisis kelompok mencakup generasi centennials 18–22 tahun, milenial 23–38 tahun, gen X 39–54 tahun, boomer 55–73 tahun, dan silent berusia lebih dari 75 tahun.

Perubahan zaman disadari Mondelez sebagai momentum pergeseran kebiasan ngemil. Karenanya, kami melakukan servei untuk menemukan pemahaman baru tentang peran camilan,” kata President Director Mondelez Indonesia Sachin Prasad di bilangan Jakarta Pusat, Selasa, 3 Desember 2019.

Penemuan pertamanya, dibanding rata-rata global, orang Indonesia cenderung lebih banyak mengonsumsi camilan daripada makan berat setiap hari.

Saya pikir, transformasi ini terjadi karena modernisasi menunut orang untuk lebih produktif, punya mobilitas tinggi, Makanya camilan diandalkan untuk jadi solusi dalam situasi ini,” kata Sosiolog Erna Ermawati Chotin.

Pernyataan ini berjalan sejajar dengan 53 responden yang menyatakan, mereka tidak punya waktu untuk mengonsumsi makanan berat.

Orang Indonesia cenderung ngemil di antara waktu biasanya mengonsumsi makanan berat. Berdasarkan penelitian, secara precise, rata-rata¬†waktu favorit orang Indonesia mengonsumsi camilan adalah 11.28 setiap harinya,” tutur Sachin.