Unggahan ‘Gantung Panci’ Bu Sisca Soewitomo dan Kenangan Warganet akan Masa Kecil

LIGACAPSA – Siapa tidak kenal dengan Sisca Soewitomo. Mereka yang besar di era ’90 an pasti akrab dengan wajah wanita berambut pendek dan mengenakan kacamata ini.

Saban akhir pekan, kehadirannya selalu ditunggu di layar kaca. Penonton menanti resep-resep hidangan lezat nusantara hasil racikan tangan dingin Sisca. Ya, Bu Sisca, begitu dia disapa, memang dijuluki sebagai Ratu Boga Indonesia.

Hari ini, Bu Sisca ramai diperbincangkan warganet. Bermula dari unggahan Bu Sisca di akun Instagram miliknya pada 4 Agustus kemarin.

Bu Sisca menyertakan sebuah foto dirinya mengenakan pakaian khas koki dan terlihat dua buku masak karyanya terpajang di atas meja. Dia membubuhkan keterangan untuk foto yang diunggah.

“Sahabat-sahabatku tercinta, setelah puluhan tahun saya di dunia kuliner dan ribuan resep yang sudah saya ciptakan, ini mungkin saat yang tepat untuk gantung panci.”

Unggahan tersebut mendapat 15.000 like dalam kurun waktu kurang dari 24 jam. Jumlah like ini jauh lebih banyak jika dibandingkan unggahan-unggahan Bu Sisca sebelumnya.

Selain jumlah like yang banyak, unggahan itu juga mendapat banyak komentar dari netizen yakni mencapai 1.500 dalam waktu 18 jam.

Tak hanya ramai di Instagram, hastag ‘Bu Sisca’ juga sempat trending di media sosial Twitter. Banyak warganet memuji wanita kelahiran 8 April 1949 itu sebagai sosok inspiratif,

“Jadi kangen tiap weekend paginya suka nontonin acara masak bu Sisca sama tanteku, trus tante suka nyatat resep dari ibunya, dan jadi suka masak dari SD karena seneng tiap ngeliat Bu Sisca masak. Meskipun waktu SD cuma masak menu yang gampang dan modal nekat eksperimen sendiri” [email protected]

“OH NOOOOO bu Sisca gantung panci L acara yg gapernah absen gue tonton bareng almh. nenek di hari minggu, sblm ada slime gtgt satisfying video ya nonton bu Sisca masak di tv kotak cembung pula. dulu sering bantu almh. nenek nyatet dikertas resep2 bu Sisca,” – @jinieborahae

Meski Bu Sisca belum menjelaskan lebih jauh soal maksud unggahannya, warganet menilai Ratu Boga Indonesia itu berniat pensiun dari dunia kuliner.

“Hehe, tapi tetep Bu Sisca adalah seiris masa kecil yg paling tak inget sampai sekarang. Selamat menikmati masa pensiun, Bu Sisca.” [email protected]

“Zaman gue kecil dulu, tv dikuasain sama emak pas acara Bu Sisca tiap weekend. Huhu selamat pensiun Bu Sisca” – @Puspaswari

Sisca Soewitomo dikenal sebagai pakar kuliner sejak 1997. Dia sempat mengisi acara masak memasak di salah satu televisi swasta. Sisca juga sempat menulis beberapa buku resep berjudul “500 Resep Masakan Terfavorit”, “1000 Resep Masakan & Kue Sisca Soewitomo yang Paling Dicari”, dan beberapa buku resep lain.

Merdeka.com coba menghubungi kontak person yang ada di akun Instagram Sisca untuk berbincang. Tetapi sampai berita ini diturunkan Sisca belum membaca pesan singkat yang dikirimkan.