Trik Menghadirkan Nuansa Tropis ala Vila di Bali, Makin Enggan Keluar Rumah

LIGACAPSA   – Hunian tropis merupakan jenis desain yang berkembang untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat yang tinggal di daerah ekuator.

Udara panas dengan tingkat kelembapan yang tinggi plus curah hujan yang juga tinggi, menuntut model desain khusus agar para penghuni rumah merasa nyaman di dalamnya.

Desain seperti ini kemudian diterapkan dalam berbagai jenis hunian di Indonesia. Salah satunya, sebuah vila tropis mungil di Bali garapan Agus Agam Artchitecture.

Menghadirkan Nuansa Tropis ke Dalam Rumah ala Vila di Bali

Dirangkum oleh Arsitag.com, vila dengan konsep desain tropis ini membuka akses luas agar sinar matahari bisa masuk semaksimal mungkin. Hal tersebut akan membawa berbagai keuntungan bagi pemilik rumah.

Cahaya matahari bisa menjadi sumber penerangan seluruh area rumah sepanjang hari, sehingga tidak dibutuhkan tambahan lampu. Dengan begitu, biaya listrik bisa dihemat

Selain itu, ruangan yang mendapat sinar matahari dengan leluasa akan terlihat terang dan terkesan lebih luas dari ukuran sebenarnya. Hal ini sangat bermanfaat terutama dalam hunian berukuran kecil.

Dalam vila tropis mungil ini penggunaan jendela kaca besar dan pintu kaca menjadi pilihan utama untuk memastikan seluruh ruangan mendapatkan cahaya matahari.

Pintu kaca geser membuka akses ke sebuah teras mungil yang berbatasan langsung dengan kolam renang.

Di sisi lain, penggunaan jendela besar juga memaksimalkan sirkulasi udara di dalam rumah. Dengan begitu, hunian Anda menjadi lebih sejuk.

Menghadirkan Nuansa Tropis ke Dalam Rumah ala Vila di Bali

Ruang bersantai yang menyatu dengan dapur dan ruang makan, memiliki jendela kaca yang dapat digeser ke samping.

Di sini tersedia tempat duduk empuk yang dilengkapi dengan bantal-bantalhias. Terciptalah sudut yang tepat untuk bersantai sembari menikmati minuman segar atau sekadar menonton TV.

. Pemandangan pepohonan dan tanaman hijau selalu menjadi panorama utama, sehingga dalam ruangan tidak lagi