Trafik Data XL Turun 10 Persen saat Pembatasan Akses Medsos

LIGACAPSA–┬áKeputusan pemerintah untuk membatasi sebagian fitur media sosial imbas adanya unjuk rasa 22 Mei lalu, tidak hanya membuat masyarakat kesulitan mengakses WhatsApp cs.

Operator telekomunikasi PT XL Axiata Tbk (XL) dilaporkan mengalami penurunan trafik data hingga 10 persen secara keseluruhan.

Direktur Teknologi PT XL Axiata Tbk, Yessie D. Yosetya menyatakan per aplikasi, penurunan trafik WhatsApp dan Instagram bisa mencapai lebih dari 50 persen.

“WhatsApp lebih dari 50 persen, tapi secara absolut masih bisa dipakai karena hanya fitur gambar dan video yang dinonaktifkan, kalau Instagram itu abis banget, ya enggak sampai 0, tapi karena Instagram kan memang menampilkan gambar dan video, jadi ya bener-bener enggak bisa dipakai,” ungkapnya di gedung XL Axiata, Jumat belum lama ini.

Sementara, pengguna sempat mengeluhkan sulit mengirim apapun di media sosial bahkan pesan teks.

Yessie menanggapi, hal itu berimbas dari konfigurasi awal yang dilakukan XL, yang membuat sinyal belum stabil sehingga masih ada pending dalam mengirim pesan.

Sebelumnya, pemerintah melakukan pembatasan fitur foto dan video pada sejumlah media sosial untuk menghindari penyebaran konten provokasi.

Meski kondisi sudah berangsur kondusif, belum ada kepastian hingga kapan pembatasan media sosial ini bakal diberlakukan.