Tesla Paling Murah Sampai Indonesia Harganya Masih Miliaran

LIGACAPSA, Jakarta – Produsen mobil listrik asal Amerika Serikat “Tesla” punya varian mobil listrik yang paling murah.

Setelah punya sedan Tesla Model S dan SUV Tesla Model X, pabrikan mobil listrik yang dipimpin Elon Musk itu punya Tesla Model 3.

Tesla Model 3 bisa dibilang sebagai mobil listrik Tesla paling murah. Memang harganya masih lebih murah daripada Tesla Model S dan Tesla Model X. Namun, Tesla Model 3 ketika dijual di Indonesia harganya masih mencapai miliaran rupiah.

Mobil listrik Tesla di Indonesia diimpor oleh salah satu importir mobil mewah yang berbasis di Pluit, Jakarta Utara, Prestige Image Motorcars. Sejak 2015.

Prestige telah menjual mobil listrik tersebut di Indonesia.

Tesla Model 3 di Amerika Serikat sudah diluncurkan dua tahun lalu.

Di sana, Tesla Model 3 harganya mulai US$ 35.000 (sekitar Rp 367 juta).

Ketika sampai di Indonesia, harga Tesla Model X jauh lebih mahal. Presiden Direktur Prestige Motorcars, Rudy Salim memang tidak memberi informasi detail harga Tesla Model 3.

Tapi, kata dia, harga Tesla Model 3 di atas Rp 1 miliar. Memang lebih murah daripada Tesla Model S dan Tesla Model X yang harganya di atas Rp 2 miliaran.

Rudy mengatakan harga Tesla yang naik berkali-kali lipat hal ini dikarenakan pengenaan pajak impor yang cukup besar, kendati pajak penjualan atas barang mewah nol persen alias dibebaskan.

“Kami masih terkena PIB (Pemberitahuan Impor Barang) sebesar 50%, PPN (Pajak Pertambahan Nilai) 10% dan PPH (Pajak Penghasilan) 10%, lalu ketika mobil tersebut tiba dan mau digunakan maka akan terkena lagi BBNKB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor) sekitar 11%,” kata Rudy.

Memang harganya masih miliaran rupiah. Tapi setidaknya Tesla Model 3 menawarkan keunggulan lantaran lebih ramah lingkungan. Sebagai mobil listrik Tesla Model 3 tidak mengeluarkan polusi. Selain itu, mobil listrik ini juga tak perlu perawatan khusus seperti mobil bermesin bakar yang butuh ganti oli dan sebagainya.

Diklaim, dalam satu kali pengisian daya baterai dari nol sampai penuh, biaya dengan yang diperlukan sekitar Rp 70.000 dengan estimasi waktu pengisian daya selama empat jam.

Tesla Model 3 di Indonesia dijual dengan tiga varian, yaitu Standard Range Plus, Long Range, dan Performance. M

Varian Standard Range Plus memiliki penggerak roda belakang dengan akselerasi 0-100 km per jam dalam 5,3 detik dengan kecepatan maksimum 225 km per jam.

Sementara Long Range punya penggerak semua roda (all wheel drive) dengan akselerasi 0-100 km per jam dalam 4,4 detik dan punya kecepatan maksimum 233 km per jam.

Sedangkan untuk tipe Performance dengan penggerak semua roda, punya akselerasi 0-100 km per jam dalam 3,2 detik dengan kecepatan maksimum 261 km per jam.

Jarak tempuh masing-masing varian juga berbeda. Klaimnya, Standard Range Plus mampu mencapai jarak tempuh hingga 386 km, Long Range dan Performance hingga 499 km dalam satu kali pengisian daya.