Teka-teki Sushi Misterius yang Bersinar Diungkap Ilmuwan Thailand

LIGACAPSA    –    Sushi merupakan kuliner Jepang yang sudah tak lagi asing di mata kebanyakan orang. Mengandalkan bahan berkualitas baik nan segar, serta rasa orisinal tanpa terlalu banyak tambahan bumbu, tak heran bila sajian ini menjelma jadi favorit publik.

Komponennya bisa sangat beragam, namun ada satu tampilan yang sempat membuat bingung. Pada sederet unggahan di akun media sosial, beberapa waktu lalu, sekian banyak orang memotret sushi yang tampak bersinar.

Fenomena tak biasa ini sempat meninggalkan tanda tanya besar. Tapi, melansir laman AsiaOne, Rabu (29/7/2020), faktanya sedikit terungkap berkat seorang

ilmuwan Universitas Chulalongkorn, Bangkok, Thailand bernama, Jessada Denduangboripant.

Di laman Facebook, Denduangboripant menerangkan ada beberapa kemungkinan di balik bersinarnya sushi berbahan makanan laut.

Kendati, ditegaskannya bahwa sejumlah dugaan ini harus kembali melewati investigasi Department of Medical Sciences.

Pertama, tampilan bersinar tersebut bisa saja disebabkan bakteri bercahaya, seperti Pseudomonas aeruginosa,

Pseudomonas fluorescens, maupun Vibrio fischeri. Bakteri-bakteri ini dijelaskan bersinar saat masih hidup, namun mati karena panas.

Kedua, ikan yang jadi bahan pembuat sushi mungkin saja makan plankton bercahaya. Misal, dinoflagellate maupun bakteri yang juga bercahaya, termasuk Vibrio harveyi sehingga saat dihidangkan sebagai sushi, ada tampilan tak biasa yang muncul.

Terakhir, penjelasan akan fenomena sushi bersinar ini berupa kontaminasi zat mengandung fosfor yang ditambahkan untuk menambah rasa pada makanan. Denduangboripant menyarankan untuk tak makan makanan tersebut.

Pasal, dengan dugaan penyebab yang telah disebutkan, konsumsinya dikhawatirkan akan menyebabkan penyakit, seperti diare, bahkan keracunan makanan.

Dalam sejumlah foto di media sosial, sushi bersinar ini memang ditanya apakah aman untuk dikonsumsi atau sebaliknya.

Apakah ini memang harusnya bersinar?” tanya salah seorang pengguna Twitter.

Kemunculan sushi bersinar sebenarnya bukan kejadian baru. Sudah sejak beberapa tahun lalu makanan ini muncul dan menimbulkan tanda tanya publik, terlebih bagi

mereka yang tak langsung makan di tempat dan tak bisa bertanya pada pihak restoran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *