Tanda-Tanda Hamil Muda yang Harus Diketahui, Perasaan Lebih Sensitif Salah Satunya

LIGACAPSA – Tanda-tanda hamil muda tentu harus diketahui oleh para wanita. Kehamilan merupakan momen yang ditunggu setiap pasangan suami istri.

Tanda-tanda hamil muda pada setiap wanita dapat berbeda. Meski demikian, terdapat tanda-tanda hamil muda yang umum terjadi di trimester awal.

Merdeka.com telah merangkum tanda-tanda hamil mudah yang harus diketahui dari berbagai sumber. Berikut ulasan lengkapnya.

1 dari 7 halaman

Rasa Mual dan Muntah

002 destriyana

 

Tanda-tanda hamil muda yang pertama yaitu keluhan rasa mual dan muntah atau morning sickness. Rasa mual atau muntah tak hanya dirasakan di pagi hari, tetapi juga dapat dirasakan saat siang atau malam hari.

Tanda-tanda hamil muda ini biasanya muncul di usia kehamilan 4 sampai 12 minggu. Apabila mual dan muntah terus berlangsung, coba lah untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan.

2 dari 7 halaman

Munculnya Bercak Darah

di usia muda

© maltatoday.com

Tanda-tanda hamil muda yang kedua yaitu munculnya bercak darah. Bercak darah yang keluar dari vagina tersebut biasanya hanya sedikit. Munculnya bercak darah ini dapat disertai dengan kram ringan.

Meski ini juga termasuk tanda hamil muda, tetapi lebih baik Anda periksakan diri ke dokter kandungan untuk mendapat jawaban lebih lanjut.

3 dari 7 halaman

Keputihan

001 magang

©2017 breaktime.co.id

Tanda-tanda hamil muda yang ketiga yaitu keputihan. Keputihan adalah cara alami dari ibu hamil untuk menjaga dan melindungi jalan lahir dari infeksi. Umumnya, keputihan ini terjadi di minggu awal kehamilan.

Tetapi, keputihan ini juga dapat keluar sampai masa kehamilan berakhir. Meski demikian, ibu hamil juga harus tetap waspada. Apabila keputihan tersebut disertai bau tak sedap atau rasa gatal, sebaiknya segera konsultasikan diri ke dokter.

4 dari 7 halaman

Sering Merasa Lelah dan Sering Buang Air Kecil

air kecil

© www.prevention.com

Tanda-tanda hamil muda yang keempat yaitu sering merasa lelah. Seorang ibu yang tengah mengandung biasanya akan merasakan tubuhnya lebih mudah lelah. Hal ini karena tubuh bekerja keras dan membutuhkan energi yang lebih guna menunjang tumbuh kembang janin.

Selain itu, frekuensi buang air kecil juga akan meningkat. Hal ini karena adanya perubahan hormon dalam tubuh ibu hamil.

5 dari 7 halaman

Perasaan Lebih Sensitif

013 tantri setyorini

 

Tanda-tanda hamil muda yang kelima yaitu perasaan lebih sensitif. Saat masuk trimester pertama di masa kehamilan, ibu hamil biasanya akan mengalami perubahan mood (mood swing).

Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormon. Perasan ibu hamil pun akan lebih sensitif. Kondisi ini wajar terjadi pada ibu hamil pada trimester pertama.

6 dari 7 halaman

Kenaikan Berat Badan dan Nafsu Makan Meningkat

badan

© elembarazo.net

Tanda-tanda hamil muda yang keenam yaitu kenaikan berat badan dan nafsu makan meningkat. Hampir setiap ibu hamil merasakan hal tanda-tanda hamil muda ini.

Kenaikan berat badan biasanya perlahan tapi pasti. Hal ini karena pertumbuhan janin di dalam rahim sang ibu. Selain itu, ibu yang tengah hamil muda biasanya mengalami peningkatan nafsu makan.

Meski demikian, tak sedikit dari ibu hamil yang enggan mengonsumsi makanan tertentu. Biasanya, hal ini karena adanya sensitif terhadap aroma tertentu.

7 dari 7 halaman

Melunaknya Payudara

Tanda-tanda kehamilan yang ketujuh yaitu melunaknya payudara. Banyak wanita yang mengalami perubahan ini di masa awal kehamilan.

Selain payudara yang terasa lebih lunak, ibu hamil terkadang merasakan rasa sakit, gatal atau bahkan merasa dada lebih berat. Hal tersebut merupakan salah satu tanda dari kehamilan di usia muda.