Tagar #INAelectionObserverSOS tengah trending, Apa Sih Maksudnya?

LIGACAPSA– Pemilihan Umum dan Pemilihan Presiden 2019 telah dilakukan pada Rabu (17/04) lalu. Saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) tengah melakukan rekapitulasi suara terkait hasil Pemilu tersebut.

Sejumlah lembaga survei telah mengeluarkan hasil hitung cepat atau quick count mereka terkait hasil Pemilu dan Pilpres 2019 ini. Bersamaan dengan itu, di media sosial tengah ramai memperbincangkan tagar #INAelectionObserverSOS. Lalu apa maksud sebenarnya dari tagar yang tengah trending ini?

Sebelumnya, tagar ini juga sempat trending pada bulan maret 2019 lalu. Pada saat itu, isi dari tagar ini adalah untuk mengharapkan kehadiran pemantau Pemilu dari luar agar proses demokrasi ini berjalan tanpa kecurangan.

Pada April 2019 ini, tepatnya setelah Pemilu, tagar ini kembali bersliweran di dunia maya dan menjadi trending. Hanya saja berbeda dari sebelumnya, tagar ini digunakan untuk mengabarkan adanya kecurangan pada pelaksanaan Pemilu kali ini.

Walau begitu, juga terdapat beberapa konten berbeda pada twitter dalam penggunaan tagar ini seperti disertai hasil foto formulir C1 di tempat pemilihan tertentu. Beberapa akun juga turut menunganggi tagar ini dengan melempar sejumlah guyonan di dunia maya yang tidak berhubungan sama sekali dengan hasil pemilu.

Selain #INAelectionObserverSOS terdapat juga beberapa tagar yang digunakan dan merupakan pengembangan dari tagar itu seperti #INAelectionObserverSOSTURKEY dan #INAelectionObserverSOSGERMANY.