Samsung Perkenalkan Galaxy Z Fold 2, Smartphone Lipat Generasi Baru!

LIGACAPSA –  Tahun lalu, Samsung jadi pionir di industri smartphone dengan memperkenalkan perangkat lipat Galaxy Fold. Kali ini, Samsung telah belajar dari banyak sekali kekurangan dari generasi smartphone lipat pertama tersebut, dan merilis perangkat generasi terbaru yang lebih canggih.

Di gelaran Galaxy Unpacked 2020, Samsung memperkenalkan Galaxy Z Fold 2. Ini adalah smartphone yang mengusung konsep sama dengan generasi sebelumnya, yakni smartphone yang dapat dibuka layar internatnya menjadi tablet.

Bagian depannya terdapat layar dengan bentang 6,2 inci yang mengisi seluruh bagian depan perangkat. Di bagian belakang, terdapat modul kamera elegan yang mengusung tiga buah kamera, dengan konfigurasi mirip dengan Galaxy Note 20.

Ketika dibuka, terdapat layar AMOLED 7,7 inci dengan resolusi 2213×1689 piksel. Layar ini 0,4 inci lebih besar daripada Fold origimal, dan layarnya hampir berbentuk persegi. Selain itu, tak ada lagi notch besar yang ada di pojok kanan layar karena kali ini Fold 2 menggunakan lubang layar Infinity O. Layarnya sudah mengusung fitur kecepatan refresh 120Hz.

Selain itu, layarnya kini mengusung kaca Ultra Thin Glass yang merupakan kaca fleksibel yang telah disematkan sebelumnya di Galaxy Z Flip.

Soal dapur pacu, terdapat prosesor Snapdragon 865+ (atau Exynos 990) dipadu RAM 12GB. Baterainya mengusung 4.500mAh. Sisanya, Samsung cukup menutup rapat lembar spesifikasinya, dan mungkin akan diungkap kala perilisannya 1 September nanti.

1 dari 2 halaman

Kamera

Soal kamera, Galaxy Z Fold 2 mengusung konfigurasi yang identik dengan Galaxy Note 20, yakni kamera utama 12MP, kamera ultra wide 12MP, serta telefoto periskop 64MP.

Terdapat kamera selfie sebesar 10MP yang terpasang di dua titik, yakni di layar eksternal dan layar internal.

2 dari 2 halaman

Ketersediaan

Samsung Galaxy Z Fold 2 akan tersedia secara global tanggal 1 September, namun belum ada kabar untuk pasar Tanah Air. Selain itu, banderol harga juga belum diungkap oleh Samsung. Kita tunggu saja.