Protokol Kesehatan Stasiun, Terminal, Pelabuhan, Bandara Bagi Pengelola, Pekerja dan Pengunjung

LIGACAPSA   – Stasiun/terminal/pelabuhan/bandar udara (bandara) merupakan merupakan tempat umum yang mendukung keberlangsungan perekonomian, terutama saat memasuki era new normal seperti sekarang ini.

Area tersebut menjadi tempat berkumpulnya sekelompok orang untuk melakukan aktivitas dengan menggunakan moda transportasi darat, laut, udara, dan

perkeretaapian yang melayani dalam kota, antarkota, antar provinsi, antar pulau, dan antar negara.

Berkumpulnya dan pergerakan orang merupakan kondisi yang harus menjadi perhatian

dalam penerapan prinsip protokol kesehatan. Untuk itu, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menerbitkan Keputusan Menteri Kesehatan nomor

HK.01.07/MENKES/382/2020 tentang Protokol Kesehatan bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum yang disahkan pada 19 Juni 2020.

Dari keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, berikut protokol kesehatan yang harus dilakukann pihak pengelola, karyawan dan pengunjung. Stasiun, Terminal, Pelabuhan dan Bandar Udara

A .Bagi Penyelenggara/Pengelola di era new normal.

Ada 6 poin utama yang harus diperhatikan para pengelola Stasiun, Terminal, Pelabuhan dan Bandar Udara

1. Memperhatikan informasi terkini serta himbauan dan instruksi pemerintah pusat dan pemerintah daerah terkait COVID-19 di wilayahnya.

2. Membentuk Tim/Pokja Pencegahan COVID-19 di stasiun/terminal/pelabuhan/bandara yang terdiri dari penyelenggara/pengelola dan perwakilan pekerja setiap area yang diperkuat dengan surat keputusan dari pimpinan

stasiun/terminal/pelabuhan/bandar udara untuk membantupenyelenggara/pengelola dalam penanganan COVID-19 dan masalah kesehatan lainnya.

3. Mewajibkan semua pekerja/penumpang/pengunjung dan masyarakat lainnya menggunakan masker selama berada distasiun/terminal/pelabuhan/bandar udara. Yang tidakmenggunakan masker tidak diperkenankan masuk.

4. Larangan masuk ke area stasiun/terminal/pelabuhan/bandarudara bagi pekerja, penumpang/pengunjung atau pengguna layanan lainnya yang memiliki gejala demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, dan/atau sesak napas.

5. Melakukan pemeriksaan suhu tubuh di setiap titik masuk stasiun/terminal/pelabuhan/bandar udara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *