Prestasi Baru Letda Kal Dewa Ayu Ardikna, Load Master Wanita Pertama dalam Sejarah

LIGACAPSA –  Menggapai prestasi tentunya dibutuhkan kerja keras dan perjuangan panjang. Seperti prajurit TNI AU, Letda Kal Dewa Ayu Ardikna Suari. Dirinya baru saja menyelesaikan pendidikan dan mendapat gelar Load Master wanita pertama dalam sejarah.

Upacara penutupan pendidikan berlangsung di Hanggar Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma, Rabu (24/6). Wanita asal Bali ini merupakan perwira lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 2017 yang masih muda.

Penasaran dengan sepak terjang Load Master wanita pertama dalam sejarah TNI AU? Berikut ulasannya.

1 dari 6 halaman

Lulus Pendidikan di Usia 25 Tahun

load master wanita pertama dalam sejarah

Instagram puspentni ©2020

Masih terhitung sangat muda, Letda Ayu telah sanggup menyelesaikan pendidikan load master di usia 25 tahun.

Prestasi luar biasa Letda Kal Dewa Ayu Ardikna Suari, S.Tr.(Han) telah dicatatkan oleh seusai pendidikannya secara resmi.

Ditutup oleh Danwing Udara 1 Kolonel Pnb Fata Patria mewakili Danlanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Purwoko Aji Prabowo, dalam upacara penutupan pendidikan. Berlangsung di Hanggar Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (24/6).

2 dari 6 halaman

Wanita Pertama Bergelar Load Master

load master wanita pertama dalam sejarah

Instagram lanud_halim_perdanakusuma ©2020 

Setelah memiliki penerbang tempur wanita pertama, saat ini TNI AU telah memiliki seorang load master wanita pertama. Sebuah kebanggaan tersendiri bagi wanita yang akrab disapa Ayu ini.

Sebab menjadi seorang load master merupakan sebuah hal yang tidak semua orang bisa dapatkan. Apalagi dirinya resmi lulus dan menjadi wanita pertama dalam sejarah TNI Angkatan Udara.

Tugas seorang load master ialah bertanggung jawab dalam melaksanakan loading serta unloading pada pada compartment pesawat, baik pada bagasi, kargo juga pos, sesuai yang tertulis dalam Loading Instruction yang dibuat oleh load control.

3 dari 6 halaman

Wanita Asal Bali

Letda Ayu merupakan perwira lulusan AAU tahun 2017 kelahiran Gianyar Bali. Putri ketiga dari pasangan I Dewa Gde Sudiasa (alm) dan I Gusti Ayu Taman Sari.

Saat ini Letda Ayu menjabat sebagai Ps. Kepala TB Subsikal Sihar Skadron Udara 2, Lanud Halim Perdanakusuma.

Sejak masa sekolah, dia telah menjadi seorang Paskibraka yang berprestasi di Bali. Hingga sempat bekesempatan maju ke Paskibraka Nasional dan menerima tawaran mengikuti tes penerimaan TNI AU.

4 dari 6 halaman

Waktu Kecil Bercita-cita Jadi Polwan

load master wanita pertama dalam sejarah

Instagram puspentni ©2020 

Saat Letda Ayu masih kecil, dia melihat sosok luar biasa pada almarhum sang ayah. Begitu menginspirasi di balik seragam cokelat polisi. Hingga membuat Ayu berkeinginan besar untuk tergabung jadi Polisi Wanita.

Tak menyangka kedekatannya dengan kegiatan Paskibraka bisa menarik minat untuk ikut tes Taruni akademi pertama di tahun 2013. Lulus dari AAU langsung menerima tawaran mengenyam pendidikan Load Master.

5 dari 6 halaman

Berkat Doa Keluarga, Rekan dan Tuhan

load master wanita pertama dalam sejarah

Instagram lanud_halim_perdanakusuma ©2020 

Rasa bangga dan syukur begitu memuncak dirasakan oleh Letda Ayu yang berhasil lulus dan jadi wanita pertama dalam sejarah di Indonesia. Meski tak sesuai dengan cita-citanya, namun dia yakin bahwa Tuhan tahu jalan terbaik bagi dirinya.

Semangat juang dan doa dari orang tua serta seluruh rekan, diakui begitu menguatkan Ayu selama menjalani pendidikan. Dia telah siap menerima tugas dan ditempatkan dimana saja.

6 dari 6 halaman

Dukungan Netizen

Melansir dari akun Instagram resmi puspentni, sontan unggahan potret Letda Ayu dibanjiri doa dan dukungan dari para netizen. Sebuah rasa salut dan bangga pada perwira wanita tersebut, dalam menginspirasi anak muda.

“Bangga kepada Srikandi Langit Indonesia ini. Semoga sehat selalu dan Allah selalu membimbing disetiap detik langkah dan karir ibu,” ujo_sodrunmerayutuhan.

“Salam sukses selalu,” tulis estymustiko.

“Selamat Srikandi Ibu Pertiwi dan Jayalah TNI,” tulis karmini.chandra.

“Kalau nggak salah penerbang tempur pertama juga berasal dari Bali ya min? Salut komandan..,” tulis kombosplants.

“Membanggakan,” tulis drh_sunita.

“@gianyarinfo_ salah satu putri terbaik Gianyar,” tulis andikaalviann23.

“Aku tukang parkir di depan pertigaan halim perdanakusuma. Pas bgt dpn jalan raya pondok gede. Hehe ikut bangga,” tulis farhan_tanamtanamubi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *