Pesona Gunung Lembu Spot Terbaik Menikmati Kemegahan Waduk Jatiluhur

LIGACAPSA¬† –¬† ¬†Gunung Lembu memang hanya berada di ketinggian 792 mdpl, namun jalur pendakian cukup menantang cukup terbayar dengan pemandangan megahnya waduk Jatilluhur dari puncak ketinggian Gunung Lembu, Purwakarta, Jawa Barat.

Walaupun tak setinggi gunung-gunung terkenal di Indonesia lainnya tapi untuk urusan medan harus dilalui ternyata cukup memberi tantangan tersendiri bagi para pendaki. Tak jarang dari cerita para pendaki kondisi medan Gunung Lembu cukup menyulitkan karena harus berhadapan dengan batuan besar dan juga lereng curam.

Penamaan gunung lembu diilhami dari persepsi banyak orang yang mengatakan bahwa bentuk Gunung Lembu mirip seperti punuk Lembu. Seperti diketahui lembu merupakan binatang sejenis sapi.

Lokasi Gunung Lembu Purwakarta berada di Kampung Panunggal Desa Panyindang Kecamatan Sukatani, Purwakarta, Jawa Barat. Letaknya persis berada di atas Waduk Jatiluhur Purwakarta. Tak heran banyak pendaki yang memburu keindahan pemandangan Waduk Jatilihur dari Puncak Gunung Lembu.

Untuk akses menuju Gunung Lembu cukup ada banak pilihan. Anda bisa menggunakan kendaraan roda empat atau paling cepat menggunakan kereta dari Jakarta Kota menuju Stasiun Purwakarta.

Dari pantauan beberapa open trip biasanya lebih mengandalkan kereta kemudian menyambung dengan kendaraan pick up atau kendaraan bak terbuka.

Jalur pendakian yang cukup menantang rata-rata bisa dilalui dalam waktu dua hingga tiga jam pendakian saja. Andapu tak perlu khawatir akan ketersediaan toilet, mushola, dan warung makan, karena di beberapa pos pendakian sudah terdapat fasilitas tersebut dengan nyaman