Peringati Hari Kesehatan Nasional, Kunjungi 3 Taman Ini di Surabaya

LIGACAPSA¬† –¬† Hari Kesehatan Nasional dirayakan pada 12 November setiap tahun. Tahun ini merupakan tahun ke-55 Hari Kesehatan Nasional dirayakan.

Tujuan Hari Kesehatan Nasional diperingati adalahuntuk mengajak masyarakat agar menjaga budaya hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan yang buruk bagi tubuh. Pada 2019, Hari Kesehatan Nasional mengusung tema “Generasi Sehat, Indonesia Unggul”.

Ada beragam bentuk kepedulian Pemerintah Kota Surabaya terhadap kesehatan masyarakat setempat. Salah satu bentuknya adalah melalui dibangunnya taman kota.

Beberapa taman yang ada di Kota Pahlawan ini mengusung tema kesehatan. Selain mengusung tema kesehatan, taman-taman ini juga dapat digunakan untuk membentuk pola hidup lebih baik.

Berikut tiga taman di Surabaya yang menunjang kesehatan warga yang rangkum dari berbagai sumber:

1. Taman Paliatif

Taman Paliatif merupakan taman yang didedikasikan khusus untuk para pasien kanker. Di taman inilah pengidap kanker yang menjalani perawatan paliatif secara teratur saling bertemu.

Selain bertemu, di taman yang terletak di Jalan Kesumba ini, pasien kanker juga dapat menerima pemeriksaan yang dilakukan secara berkala. Pasien kanker juga dapat melakukan olahraga di taman yang memilki luas 1.200m2 ini.

Taman Paliatif dilengkapi dengan gazebo yang ditujukan sebagai ruang membaca dan informasi kesehatan. Selain itu terdapat pula batu refleksi dan jogging track yang bisa digunakan di sana.

Terdapat pemeriksaan kesehatan gratis yang rutin dilaksanakan setiap Sabtu dan Minggu di taman ini. Hingga saat ini, belum ada Taman Paliatif yang diaplikasikan di kota lain selain di Surabaya. DaftarBandarQ

Taman Lansia

2. Taman Lansia

Taman Lansia berlokasi di Jalan Kalimantan, Surabaya. Sesuai namanya, taman ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang mengutamakan kenyamanan dan kesehatan lansia.

Taman Lansia menyediakan sarana track untuk berjalan yang dapat digunakan oleh pengunjung lanjut usia. Jalurnya didesain khusus, menyesuaikan kebutuhan lansia.

Di sini terdapat pula jalur refleksi bebatuan yang bisa digunakan. Jalur refleksi ini dilengkapi dengan tiang-tiang penyangga agar menunjang keamanan para lansia saat melintasi.

Taman ini memiliki luas sebesar 2.000 meter. Selain berolahraga, pengunjung juga dapat bersantai menikmati air macur dan tanaman bunga yang tersedia di sana. Di taman ini pula rutin diadakan pemeriksaan gratis yang dapat digunakan oleh pengunjung taman.

3. Taman Ronggolawe

Kesehatan tubuh dapat diciptakan salah satunya dengan kegiatan olahraga. Salah satu taman di Surabaya yang dapat dijadikan tempat melakukan olahraga adalah Taman Ronggolawe.

Taman Ronggolawe ada di Jalan Joyoboyo, Surabaya. Taman terbuka hijau ini menyedikana banyak fasilitas olahraga yang bisa digunakan pengunjung secara gratis.

Fasilitas yang disediakan di taman ini antara lain, lapangan untuk sepak bola, jogging track, area refleksi serta tempat untuk bermain. Di sini pengunjung dapat berolahraga dengan suasana sejuk dari tanaman hijau yang rindang di sana. DaftarBandarQ