Panorama Indah Curug Lontar, Cukup Dipandang Jangan Berenang

LIGACAPSA      Tidak hanya dijuluki sebagai Kota Hujan, Bogor pun cocok disebut sebagai Kota Curug. Dengan daerah yang masih terdapat pepohonan rindang, Bogor memiliki beberapa curug yang bisa jadi destinasi wisata untuk menghabiskan akhir pekan.

Salah satu yang memikat adalah Curug Lontar. Air yang mengalir cukup deras di curug ini menjadi andalan bagi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kracak. Pemanfaatan tersebut bahkan telah dilakukan sejak zaman pemerintahan Belanda.

PLTA Kracak merupakan salah satu pembangkit tenaga air yang dibangun oleh Belanda pada 1921 dan mulai beroperasi pada 1926. Meskipun sudah cukup tua, bangunan tersebut masih beroperasi hingga saat ini.

Saat berkunjung ke Curug Lontar, Anda pun bisa sekaligus menengok bangunan PLTA Kracak yang letaknya tidak jauh dari lokasi curug. Di sana pula terdapat spot-spot menarik yang bisa dijadikan latar belakang untuk berfoto.

Saat berkunjung ke sebuah curug, Anda mungkin tergoda untuk berenang dan bermain air. Namun, kegiatan tersebut tidak bisa dilakukan di curug yang satu ini. Dengan kedalaman 26 meter dan debit air yang kencang, berenang di curug itu sama saja dengan membahayakan diri sendiri.

.