Manfaat Nuklir Bagi Kehidupan Manusia yang Jarang Diketahui

LIGACAPSA – Manfaat nuklir hingga kini masih tertutupi berbagai anggapan. Selama ini banyak anggapan yang negatif mengenai energi yang satu ini. Pasalnya, energi nuklir menjadi salah satu ketakutan luar biasa lantaran adanya isu penggunaan nuklir sebagai senjata perang di beberapa negara.

Namun, sebenarnya nuklir menyimpan manfaatnya bagi kehidupan manusia. Simak manfaat nuklir yang dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

1 dari 8 halaman

Bidang Pertanian

001 bramy biantoro

 

manfaat nuklir yang pertama yakni dapat dirasakan pada bidang pertanian. Energi nuklir yang besar dapat membantu bidang pertanian melalui rekayasa dan mutasi genetik pada tumbuhan.

Hal ini dapat tentu dapat meningkatkan kualitas benih tanaman yang lebih unggul dan produktif. Salah satu contoh produk yang kini berhasil diproduksi dari manfaat nuklir adalah varietas padi Sidenuk. Sidenuk merupakan akronim dari Si Dedikasi Nuklir.

Indonesia yang dikenal sebagai negara agraris kini perlu untuk mempertimbangkan kembali penggunaan energi nuklir. Sebab, manfaat nuklir dapat dirasakan untuk menunjang hasil pertanian yang lebih baik.

2 dari 8 halaman

Bidang Kesehatan

005 siti rutmawati

 

Manfaat nuklir yang selanjutnya yakni dapat dirasakan di bidang kesehatan. Manfaat nuklir pada bidang kesehatan yakni dilakukan melalui pemanfaatan radioisotop yang dapat dibuat dengan kualitas yang tinggi.

Radioisotop yang berkualitas baik tersebut selanjutnya dapat dimanfaatkan untuk terapi berbagai macam diagnostik penyakit dalam hingga penyakit kronis seperti kanker.

Tentu saja hal ini dapat membantu tenaga medis untuk memberikan diagnosa penyakit pada pasien dengan tepat dan akurat melalui penentuan posisi sumber gangguan kesehatan yang menyerang tubuh.

3 dari 8 halaman

Bidang Energi

001 debby restu utomo

 

Selain bidang pertanian dan kesehatan, manfaat nuklir juga dapat dirasakan pada bidang energi. Meskipun hal ini masih menjadi kontroversi lantaran risiko bencana yang besar untuk mengembangkan energi nuklir.

Selama ini, energi nuklir selalu dikaitkan erat dengan beberapa peristiwa sejarah yang mengerikan seperti bom Nagasaki dan Hiroshima pada Perang Dunia II silam. Sehingga hal ini tentu membentuk persepsi yang negatif pada energi nuklir.

4 dari 8 halaman

Kelebihan Nuklir dalam Bidang Energi

reaktor nuklir lithuania

 

Meski terkesan mengerikan, namun manfaat nuklir sebenarnya dapat dirasakan guna keberlangsungan hidup manusia menuju lebih baik. Namun, sebelum mengambil manfaat dari energi nuklir tersebut, ada baiknya untuk memberikan langkah yang adaptif bagi masyarakat.

Beberapa langkah yang adaptif tersebut yakni seperti pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) yang dapat menunjang energi secara perlahan-lahan. Dengan merasakan manfaatnya secara perlahan, maka persepsi mengenai energi nuklir akan mulai terpatahkan.

Selain bermanfaat bagi kehidupan manusia, nuklir juga memiliki beberapa kelebihan di antaranya murah, potensi yang besar di Indonesia, menghasilkan energi dengan kapasitas yang lebih besar, hingga dapat menjadi solusi atas krisis energi.

5 dari 8 halaman

Lebih Murah

012 siti rutmawati

 

Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) memaparkan bahwa energi nuklir cenderung menghabiskan biaya operasional yang lebih murah daripada biaya operasional yang dihasilkan oleh energi lainnya.

Biaya yang relatif murah ini tentu akan mengurangi pengeluaran negara sehingga dapat dialokasikan pada hal-hal lainnya demi kemajuan bangsa dan negara.

Meskipun biaya yang dikeluarkan untuk membangun berbagai instrumen guna membangkitkan tenaga nuklir cukup tinggi, namun tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan kelebihan dan manfaat dari tenaga nuklir secara jangka panjang.

6 dari 8 halaman

Hasil Energi yang Lebih Besar

reaktor nuklir lithuania

 

Selain murah, kelebihan lainnya dari energi nuklir yaitu energi yang diproduksi cenderung lebih besar daripada energi lainnya. Hal ini dapat terjadi lantaran daya dan tenaga nuklir lebih besar pula daripada energi lainnya.

Maka dari itu, tenaga nuklir akan sangat membantu di bidang industri dan perekonomian. Tenaga nuklir akan tepat digunakan sebagai bahan bakar pada pabrik pengolahan atau pemurnian smelter hingga industri pertambangan.

7 dari 8 halaman

Potensi Energi di Indonesia

perang nuklir menurut sains

 

Indonesia yang kaya akan sumber daya alam juga ternyata memiliki potensi besar akan tenaga nuklir. Di beberapa wilayah Indonesia seperti Kalimantan, Papua, dan NTT diklaim memiliki sumber daya uranium.

Kandungan uranium yang tinggi inilah yang menjadi sumber bahan baku utama energi nuklir. Tidak sedikit, kandungan uranium di berbagai wilayah Indonesia tersebut diklaim hingga sebesar 60 ribu ton.

Sumber daya dalam jumlah yang besar ini tentunya perlu untuk dimanfaatkan bagi keberlangsungan hidup manusia. Satu hal yang menjadi perhatian adalah kesadaran kita sebagai manusia untuk memanfaatkannya secara bijak dan tidak berlebihan.

8 dari 8 halaman

Atasi Krisis Energi

ilustrasi listrik

 

Kelebihan energi nuklir yang terakhir adalah dapat menjadi salah satu solusi dari permasalahan krisis energi. Telah diketahui bahwa energi fosil yang hingga kini terus berkurang perlu diganti dengan energi alternatif lainnya.

Sementara itu, energi terbarukan lainnya pun juga berpotensi untuk diproduksi namun sifatnya hanya dalam skala yang kecil, tidak seperti energi nuklir yang dapat diproduksi dalam jumlah yang besar.