Kutipan Inspirasi Surabaya: Jangan Pernah Menyerah hingga Gagal Takut Mendekati

LIGACAPSA   –    Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini yang akrab disapa Risma masuk dalam pengurus pusat PDI Perjuangan yang diputuskan dalam Kongres V PDI Perjuangan di Bali pada awal Agustus 2019.

Masuknya Risma dalam susunan pengurus pusat PDI Perjuangan masa bakti 2019-2024 tersebut dinilai suatu kejutan. Megawati menunjuk Risma sebagai ketua bidang kebudayaan. Sebelumnya Risma tidak memiliki jabatan strategis di tingkat DPP. Risma merupakan Wali Kota Surabaya yang diusung PDI Perjuangan.

Namun, Risma mengatakan, siap mengemban amanah tersebut. Ia pun mengaku meski belum pernah menjadi pengurus partai, tetapi ia akan belajar. Bagi Risma, penunjukan dirinya adalah sebuah tanggung jawab yang harus dijalankan. Sebagai pengurus partai, dirinya tak ingin hanya namanya yang tercatat dalam SK Kepengurusan.

Bicara soal belajar dan usaha, Risma tampaknya sosok yang tak mudah menyerah dan pekerja keras. Tak hanya itu, dia dikenal sebagai sosok yang ceplas ceplos. Meski demikian, perempuan kelahiran Kediri 20 November 1961 ini merupakan sosok yang peduli masyarakat terutama masyarakat kecil.

Di dalam melaksanakan tugas, ia tak segan terjun ke lapangan. Ia juga mau membaur dengan masyarakat. Risma selalu berupaya bagaimana menciptakan Surabaya menjadi kota yang aman, nyaman bagi warganya. Ini terlihat bagaimana ia mengembangkan Surabaya dengan membangun taman-taman, mengembangkan bibit pohon, dan memperbanyak ruang hijau untuk menjaga kualitas udara Surabaya.

Selain itu, lewat tangan dinginnya, ia juga mengelola sampah di Surabaya dengan baik. Bahkan Surabaya menjadi contoh bagi daerah lain untuk mengelola sampah. Pengelolaan sampah di Surabaya mulai dilakukan dengan mengadakan bank sampah, membuat rumah kompos, dan menyediakan tenaga listrik dari pembangkit tenaga listrik dari sampah di Tempat Pembuangan Akhir Benowo.

Di periode kedua pemerintahannya, Risma pun fokus untuk mengembangkan sumber daya manusia (SDM). Lewat pemerintah kota Surabaya, ada program beasiswa yang diberikan kepada masyarakat Surabaya terutama masyarakat tidak mampu.

Saat ditemui di Gedung SCTV Tower, baru-baru ini, Risma membagikan pesan kepada generasi milenial. Pesan yang sebaiknya tidak hanya dicatat tetapi juga diterapkan dalam kehidupan dan menjadi teladan.

Risma mengingatkan kalau generasi muda tersebut harus melakukan sesuatu positif dan berani melangkah. “Jadi yang paling penting usaha, do something, berani melangkah. Kalau mentok nanya, kita melangkah terus,” ujar Risma.

Ia menegaskan, kalau sesuatu itu harus dicoba, dan tidak usah khawatir. “Kalau melangkah terus, Tuhan buka jalan itu, kalau gagal sekali tidak apa-apa,” tutur dia. DaftarBandarQ

Risma juga mengatakan, jangan pernah menyerah dalam melakukan sesuatu. Bila gagal, kegagalan tersebut seharusnya menjadi pembelajaran seseorang dan bukan membuat seseorang menjadi lemah.