Kota di Meksiko dan Thailand Masuk Daftar Kota Kecil Terbaik Dunia 2020

LIGACAPSA  –  Kota kecil bukan berarti tidak layak untuk dikunjungi. Beberapa di antaranya bahkan memiliki pemandangan dan tempat indah yang mungkin tak akan Anda duga sebelumnya. Dari sekian banyak kota kecil di dunia, mana yang dianggap terbaik?

Majalah travel dan gaya hidup Conde Nast Traveler, setiap tahunnya merilis data ‘Readers Choice Awards’ yang memberikan peringkat bagi berbagai sektor pariwisata dunia.

Majalah yang berbasis di New York, Amerika Serikat itu memilih negara, kota, pulau, sampai maskapai terbaik. Salah satunya adalah kategori kota kecil terbaik dunia.

Kota San Miguel de Allende di Meksiko dinobatkan sebagai kota kecil terbaik di dunia dalam Penghargaan Pilihan Pembaca 2020 Condé Nast Traveler. Predikat itu diperoleh San Miguel,

karena dianggap sebagai “pusat seniman ekspatriat” terbaik di dunia dengan beragam bangunannya yang menarik, ramah pada wisatawan dan punya banyak fasilitas yang menunjang pariwisata.

Dilansir dari The Independent, Minggu, 11 Oktober 2020, San Miguel de Allende merupakan sebuah kota kecil yang berada di sebelah timur Guanjuato, Meksiko.

Kota ini dikenal dengan arsitektur Kolonial Spanyol dan bangunannya yang memiliki ragam warna.

Kota ini merupakan tempat kelahiran Ignacio Allende, seorang yang berjasa dalam kemerdekaan Meksiko dari Spanyol. Meski hanya sebuah kota kecil,

San Miguel de Allende punya banyak daya tarik wisata. Kota kecil ini sering dikunjungi banyak wisatawan, penulis, dan seniman. Sekitar 1,3 juta orang dari seluruh dunia datang setiap tahunnya.

Di sana, wisatawan bisa melihat banyak bangunan bersejarah dari abad ke-17 dan 18 yang menjadi daya tarik utamanya. Selain itu,

ada komplek gereja indah yang dinamakan Sanctuary of Atotonilco yang telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.

Melihat situasi industri pariwisata saat ini yang sedang menurun, kami sangat gembira dengan pengakuan ini. Kami menyambut baik setiap dan semua kabar baik yang memberi kesan normal.

Kami juga berharap dunia pariwisata bisa bangkit kembali,” ucap Laura Torres Septién, Presiden Dewan Pariwisata San Miguel de Allende

Lebih dari 715 ribu pembaca Condé Nast Traveler memilih pengalaman perjalanan favorit mereka di seluruh dunia untuk menyusun peringkat tahun 2020. Setelah San Miguel de Allende, Chiang Mai, Thailand, berada di posisi kedua, diikuti oleh Kota Mérida.

Hasil ini cukup mengejutkan karena Chiang Mai berhasil mengungguli kota-kota lainnya di Eropa maupun Amerika Utara. Sayangnya,

tak ada kota dari Indonesia yang masuk daftar 10 Besar Kota Kecil Terbaik Dunia 2020. Chiang Mai jadi satu-satunya kota di Asia Tenggara, bahkan di Asia yang masuk daftar tersebut.

Sementara itu, Meksiko boleh berbangga karena kota kecil mereka lainnya, Merida, menempati peringkat ketiga. Monte Carlo di Monako berada di urutan keempat,

sementara Ibu Kota Malta, Valletta, menempati urutan kelima. Salah satu kota di Inggris, Edinburgh di Skotlandia juga ikut masuk ke dalam kota kecil terbaik di dunia yang berada di posisi ke-10.

Berikut daftar 10 Kota Kecil Terbaik di Dunia versi Conde Nast Traveler:

1. San Miguel de Allende, Meksiko

2. Chiang Mai, Thailand

3. Mérida, Meksiko

4. Monte Carlo, Monako

5. Valletta, Malta

6. Salzburg, Austria

7. Siena, Italia

8. Victoria, British Columbia, Kanada

9. Florence, Italia

10. Edinburgh, Skotlandia.