Ketahui Sejumlah Faktor yang Menyebabkan Jerawat Tak Mereda Walau Sudah Diobati

LIGACAPSA – Jerawat yang dialami oleh seseorang bisa membutuhkan waktu yang berbeda-beda untuk dapat sembuh total. Perbedaan waktu ini disebabkan oleh sejumlah faktor yang ada.

“Berdasarkan pengalaman, beda-beda ya respons pasien terhadap pengobatan,” kata skin expert ERHA dokter Purnama Sari.

Rata-rata pada pengobatan jerawat yang sudah parah seperti nodul atau jerawat kistik (ditandai dengan jerawat besar dan bengkak) dalam waktu dua minggu sudah terlihat hasilnya. Paling tidak peradangan sudah mereda.

“Bila pasien memakai seluruh perawatan yang dianjurkan biasanya sudah membaik (dalam dua minggu), paling tidak peradangan sudah kempes,” kata Purnama ditemui di AEON BSD Tangerang beberapa waktu lalu.

Sayangnya, ada pasien bandel yang tidak memakai krim yang sudah diresepkan atau tidak rutin mengonsumsi obat yang diberikan.

“Dokter udah resepin krim tapi enggak dipakai, obat kadang minum kadang enggak. Banyak lho kasus yang seperti ini,” kata Purnama.

1 dari 1 halaman
Tetap Pakai Makeup
Dalam beberapa kasus jerawat yang parah, dokter mengajurkan agar pasien tidak memakai makeup untuk sementara waktu. Namun, pasien tetap memakai.

“Ada pasien yang mengatakan, ‘Aduh saya enggak bisa, saya harus nutupin pakai concealer.’ Padahal kalau sudah parah, dokter terpaksa menyarankan stop dulu pakai makeup kalau enggak nanti makin meradang,” tandas Purnama.