Ketahui 5 Manfaat Buah Matoa untuk Kecantikan dan Kesehatan

LIGACAPSA    –    Pernahkah Anda makan buah matoa  Ya, buah matoa adalah salah satu buah-buahan yang kurang dikenal. Tapi, siapa sangkat jika buah ini punya manfaat besar untuk kesehatan.

Buah yang memiliki nama ilmiah Pometia pinnata ini berasal dari tanah Papua, namun terkadang dijual pula di berbagai belahan Indonesia, termasuk Pulau Jawa. Buah mato terkenal dengan sebutan Ton atau Taun di Papua Nugini.

Batang pohon matoa bisa mencapai 20 meter dan menghasilkan buah berbentuk lonjong. Buah matoa hanya bisa berbuah di daerah tropis pada Juli hingga Oktober setiap tahunnya.

Buah ini bertekstur kenyal dan berwarna bening seperti rambutan, kelengkeng atau leci. Rasa buah matoa juga hampir sama dengan kelengkeng, rambutan atau leci.

Meski matoa tak sepopuler kelengkeng, tetapi buah ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan. Berdasarkan hasil studi dalam jurnal Extraction of Fruit Peels of Pometia Pinnata and Its Antioxidant and Antimicrobalactivities, buah matoa mengandung nutrisi dan antioksidan yang cukup tinggi.

Seperti pada buah-buahan lainnya, senyawa antioksidan mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan pertumbuhan sel kanker. Nutrisi dalam buah matoa seperti vitamin C dan E, mineral, serta tanin yang baik bagi kesehatan tubuh.