Jubah Natalie Portman di Oscar 2020 Berisi Sulaman Nama-Nama Sutradara Perempuan

LIGACAPSA  Ada begitu banyak yang menarik perhatian di Oscar 2020 yang digelar di Dolby Theatre, Los Angeles, California, Amerika Serikat pada Minggu, 9 Februari 2020, waktu setempat. Satu di antaranya kehadiran aktris Natalie Portman.

Pada Academy Awards ke-92 ini, Natalie menyoroti isu yang disampaikan melalui pernyataan busana yang dikenakan di karpet merah Oscar 2020. Aktris berusia 38 tahun tersebut tampil dalam balutan busana Dior Haute Couture.

Dilansir Harper’s Bazaar, Senin (10/2/2020), ujung jubah Natalie Portman disulam dengan nama-nama sutradara perempuan. Hal ini menyoroti kurangnya nominasi perempuan dalam kategori Best Director tahun ini.

Beberapa nama di jubahnya termasuk Greta Gerwig (Little Women), Lulu Wang (The Farewell), Celine Sciamma (Portrait of a Lady on Fire), Lorene Scafaria (Hustlers), Melina Matsoukas (Queen & Slim), serta Alma Har’el (Honey Boy).

Saya ingin menghargai para perempuan yang tak dikenal karena pekerjaan luar biasa mereka tahun ini dengan

cara saya yang halus,” kata Natalie kepada Los Angeles Times di karpet merah jelang acara.

Sementara, penampilan Natalie termasuk dengan gaun malam berendam warna paduan hitam dan emas. Pada bagian pinggang terlihat tambahan ikat pinggang emas.

Rambut bob Natalie Portman ditata dengan curly agak messy. Terlihat pula penambahan aksesori seperti anting-anting bulat bernuansa emas serta cincin yang melingkari jemarinya.

Polesan makeup tampak dari alisnya yang dipertegas, pemakaian eyeliner, pulasan eyeshadow, serta blush warna pink yang membuat pipinya merona. Pulasan lipstik pink turut menghiasi bibirnya.

Sementara, pada 2018, ia juga mengkritik Oscar karena kurangnya nominasi perempuan. Saat menjadi pembaca nominasi penghargaan Best Director bersama Ron Howard, Natalie dengan ceria berkata, “Ini dia semua nomine laki-laki,”.

Sedangkan tahun ini, nomine Best Director Oscar 2020 adalah Bong Joon Ho (Parasite), Sam Mendes (1917),

in Hollywood), dan Todd Phillips (Joker). Trofi kemenangan kategori Best Director pun disabet oleh sutradara Parasite, Bong Joon Ho.