Jarang Tersorot, Begini Potret Kehidupan Pasukan Pengawal Istana di Indonesia

LIGACAPSA –  Kehidupan prajurit YONWALPROTNEG PASPAMPERS atau pengawal istana di Indonesia jarang tersorot publik. Anggota YONWALPROTNEG PASPAMPERS memiliki tugas yang sangat penting.

Melalui unggahan channel Youtube Wicaksana Setia Waspada, terlihat potret kehidupan sehari-hari pasukan pengawal istana atau YONWALPROTNEG PASPAMPERS.

Berikut potretnya.

1 dari 5 halaman

Tinggal di Sebuah Mess

yonwalprotneg paspampers

Youtube Wicaksana Setia Waspada

Dilansir dari channel Youtube Wicaksana Setia Waspada tahun 2017, terlihat potret kehidupan pasukan pengawal istana atau YONWALPROTNEG PASPAMPERS di Indonesia.

Dalam menjalankan tugasnya, Anggota YONWALPROTNEG PASPAMPERS tinggal di sebuah mess. Mess tempat tinggal mereka pun tampak sangat bersih dan rapi.

2 dari 5 halaman

Tugas Pasukan Pengawal Istana

yonwalprotneg paspampers

Youtube Wicaksana Setia Waspada

Menurut Komandan Batalyon Pengawal Protokoler Kenegaraan Paspampers tahun 2017, Mayor CPM Ade San Arief, S.H., M. TR, terdapat beberapa tugas dari anggota YONWALPROTNEG PASPAMPERS.

“YONWALPROTNEG PASPAMPERS mempunyai tugas pokok melaksanakan pengawalan fisik jarak dekat kepada presiden, wakil presiden serta tamu negara setingkat kepala pemerintahan beserta keluarganya yang berkunjung ke Indonesia,” kata Mayor CPM Ade.

“Namun secara spesifik, YONWALPROTNEG PASPAMPERS melaksanakan tugas yaitu melaksanakan pengawalan istana kepresidenan, kemudian kedua melaksanakan pengawalan kendaraan bermotor dan ketiga, melaksanakan acara protokoler khusus kenegaraan,” imbuhnya.

3 dari 5 halaman

Giat Berolahraga dan Berlatih

yonwalprotneg paspampers

Youtube Wicaksana Setia Waspada

Melalui unggahan tersebut, terlihat pula keseharian anggota YONWALPROTNEG PASPAMPERS. Untuk melatih ketahanan fisik dan stamina, mereka rajin berolahraga.

Tak hanya itu, mereka pun juga melakukan berbagai latihan rutin seperti bela diri hingga menembak.

4 dari 5 halaman

Berasal dari Polisi Militer Terpilih

yonwalprotneg paspampers

Youtube Wicaksana Setia Waspada

Wakil Komandan Batalyon Pengawal Protokoler Kenegaraan Paspampers tahun 2017, Mayor CPM Okto pun mengungkapkan jika prajurit YONWALPROTNEG berasal dari polisi militer yang terpilih.

“Prajurit YONWALPROTNEG adalah prajurit yang bisa dibilang khusus spesifik karena berkaitan dengan tugas-tugas protokoler kenegaraan. Oleh karena itu dalam perekrutannya kita tidak sembarang prajurit bisa masuk menjadi prajurit YONWALPROTNEG,” kata Mayor CPM Okto.

“Dalam YONWALPROTNEG sendiri terdiri dari satu korps yaitu prajurit Polisi Militer sehingga pada perekrutannya kita langsung merekrut dari satuan-satuan Polisi Militer Angkatan Darat ataupun dari Pusat Pendidikan Polisi Militer di Angkatan Darat,” sambungnya.

“Dari sana lah kita pilih prajurit-prajurit terbaik, baik secara mental, baik secara moral, baik secara kemampuan fisik yang dimiliki, baik secara postur tubuh yang dimiliki oleh prajurit itu sendiri. Sehingga dari input bagus, kita harapkan outputnya nanti menjadi prajurit YONWALPROTNEG PASPAMPERS yang mampu diandalkan dalam menjaga dan mengamankan presiden dan wakil presiden dalam pelaksanaan tugasnya,” pungkasnya.

5 dari 5 halaman

Buat Netizen Kagum

Melihat tayangan tersebut, para netizen pun tampak kagum dengan anggota YONWALPROTNEG PASPAMPERS.

“Kalian luarbiasa. Semangat demi negara tercinta,” tulis Aaa Aip 95.

“Trima kasih paspampres. tetap setia tetap waspada. salam dr rakyat Indonesia,” tulis Reysha Usada.

“Ttrima kasih mr.paspampres. Semoga tetap setia sehat dan tuhan selalu bersama kalian semua. Untuk mendampingi bpk dan ibu president dan wakil president,” tulis Cola Arpan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *