Dilema Pangeran William tentang Waktu Main Gadget Anak-anaknya

LIGACAPSA – Anak-anak ‘jaman now’ sepertinya sudah melek internet ya, Bun. Kadang, hal ini bisa menimbulkan dilema tersendiri bagi orang tua. Seperti yang dialami Pangeran William dan Kate Middleton nih.

Duke dan Duchess of Cambridge mengaku sampai sekarang masih agak bingung dengan pengaturan waktu main gadget bagi Pangeran George dan Putri Charlotte. Menurut Pangeran William, menentukan waktu main gadget anak yang tepat cukup sulit.

“Kami masih belum mendapat formula waktu main gadget yang seimbang dan tepat. Ini cukup sulit apalagi mengingat perkembangan teknologi yang cukup dinamis,” kata Pangeran William seperti dilansir Express.

Saking bingungnya, Pangeran William berencana mendiskusikan masalah ini dengan keluarganya. Ia ingin anak-anaknya tertib saat main gadget dan bisa tetap memiliki waktu bersama keluarga ketika tak memegang gadget. Bahkan, Pangeran William nggak segan minta pendapat orang tua lain dalam menyikapi anak yang main gadget

“Generasi ini akan menjadi generasi pertama yang tumbuh sepenuhnya dengan ponsel, media sosial, dan banyak hal. Namun generasi kita, generasi yang lebih tua, generasi orang tua kita, benar-benar tertinggal. Jadi penting sekali mengetahui bagaimana kita menangani hal ini?” kata Pangeran William.

Pangeran William dan Kate Middleton

Pada September, seorang sumber yang dekat dengan pasangan kerajaan mengatakan kepada US Weekly Kate Middleton dan Pangeran William ingin membesarkan ketiga anaknya senormal mungkin, Bun. Artinya, Pangeran George dan Putri Charlotte tetap dibolehkan melakukan sesuatu yang dilakukan anak-anak lain.

Memang sudah rahasia umum kalau bermain gadget terlalu lama akan menimbulkan dampak negatif baik secara psikologis maupun fisik. Terkait pemakaian gadget untuk anak-anak, kata psikolog anak dari Tiga Generasi, Anastasia Satriyo yang akrab disapa Anas, dampak terburuk kalau anak udah kecanduan banget adalah bisa terjadi speech delay alias keterlambatan bicara. Soalnya, saat bermain gadget sendirian, stimulasi nggak didapat anak secara dua arah.

Nggak cuma itu, saat anak udah kecanduan gadget, dia bisa gampang marah-marah dan tantrum ketika gadget-nya diambil. Bahkan, cuma diminta berhenti main gadget sejenak aja anak udah bisa marah-marah sampai membanting barang lho, Bun.

“Lebih parah lagi masalah emosi. Namanya orang kecanduan, terus terpisah dari barang yang bikin dia kecanduan, ibaratnya kayak orang sakau kan. Anak bisa uring-uringan dan kehilangan kontrol diri,” kata Anas.