Lima manfaat mengangkat kaki

Seputar Ligacapsa – Orang jaman sekarang menghabiskan sebagian besar waktunya di tempat kerja dan di jalan raya. Sehingga mereka tak sempat punya waktu untuk berolahraga. Padahal tubuh kita juga perlu berolahraga agartetap bugar dan fit. Namun, jangan khawatir. Karena sekarang ada gerakan sederhana yang bisa memberikan dampak yang kurang lebih sama dengan berolahraga.

Hanya dengan berbaring, mengangkat kedua kaki dan meletakkannya di tembok selama 20 menit setiap hari, anda akan mendapat banyak manfaat dahsyat untuk kesehatan tubuh. Perhatikan tiga langkah berikut ini saat akan mempraktikkannya

1. Cari posisi paling nyaman, bisa di tempat tidur atau beralaskan matras.

2. Angkat kedua kaki lalu sandarkan ke tembok, kedua tangan rileks di samping badan.

3. Tahan posisi selama 15-20 menit.

Pastikan anda mengenakan pakaian yang nyaman ya. Jangan sampai salah memakai baju yang terlalu ketat dan menghambat sirkulasi darah.

Ada lima manfaat yang bisa anda dapat dengan gerakan ini. Seperti yang dilansir dari brightside.me, kalau anda rutin melakukan gerakan ini setiap hari, akan ada banyak perubahan positif yang akan dirasakan oleh tubuh anda.

Manfaatnya

1. Langkah kaki akan terasa lebih ringan

Kaki yang terasa berat atau bengkak bisa disebabkan oleh sirkulasi darah yang buruk. Bisa juga karena gangguan jantung dan ginjal, berat badan berlebih, dan pola makan buruk. Dengan rutin menyisihkan waktu 20 menit untuk mengangkat kaki ke tembok, sirkulasi darah bisa lebih lancar dan langkah kaki pun terasa makin ringan.

2. Nggak gampang capek saat pakai high-heels

Bagi anda yang sehari-hari dituntut pakai sepatu high-heels atau berhak tinggi, meluangkan waktu 20 menit untuk mengangkat kaki ke tembok bisa jadi penolongmu. Anda tidak akan gampang capek dan sirkulasi darah bisa kembali lancar.

3. Memperlancar sistem pencernaan

Kinerja sistem pencernaan bisa makin lancar. Suplai darah ke organ-organ dalam bisa meningkat melalui aliran dari kaki. Sirkulasi darah yang meningkat bisa mengoptimalkan sistem pencernaan. Bila dilakukan dengan rutin, sebagian besar nutrisi yang kita cerna bakal diserap dengan lebih cepat.

4. Mencegah stres

Saat berbaring dengan posisi kaki terangkat ke tembok, tubuh akan lebih rileks dan bisa bernapas dengan lebih tenang. Jaringan tubuh akan mendapat lebih banyak oksigen dan sirkulasi darah makin lancar, nutrisi bisa diedarkan ke seluruh organ dalam. Hal ini kemudian bisa membuat sistem saraf lebih baik, mengurangi tekanan di sekitar kening, leher, dan perut. Jadinya nggak bakal gampang stres lagi.

5. Tidur jadi lebih nyenyak

Sering mengalami insomnia? Coba rutin lakukan gerakan ini. Dengan mengangkat kaki ke tembok selama 15-20 menit, otak akan mendapat lebih banyak oksigen dan sirkulasi darah lebih lancar. Saat tidur pun jadi lebih nyenyak dan berkualitas.

Hal ini tentu akan lebih maksimal dampaknya jika diimbangi dengan olahraga secara rutin serta pola makan yang baik serta gaya hidup sehat. Namun, tidak ada salahnya kalau kita memulai dengan hal-hal yang sederhana seperti yang telah disebutkan di atas bukan? Nah, kalau begitu selamat mempraktekannya di rumah ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *