Talent Scouting The NextDev 2018

Seputar Ligacapsa – Talent Scouting The NextDev 2018 akan menginjak kota terakhir, yaitu Jakarta pada tanggal 26 dan 27 Oktober 2018 mendatang. Tentu saja ini merupakan lanjutan agenda penyelenggaraan event keren besutan Telkomsel untuk mewadahi bakat-bakat brilian di ranah teknologi digital. Sebelumnya, event inspiratif ini telah singgah ke kota-kota besar lain, seperti Surabaya, Semarang, Denpasar, Batam, Samarinda, dan Yogyakarta.

Menjelang Talent Scouting di Jakarta, Telkomsel mengumumkan jika tema yang diangkat bulan ini adalah Making Social Impact Through Technology dengan Prinsip Youth empowerment. Untuk itu The NextDev percaya apabila Passion + Purpose = Social Impact. Ini tentu saja didasari oleh semangat luar biasa untuk menyelesaikan permasalahan masyarakat dan menghasilkan social impact.

Sebelum Jakarta, kota-kota lain diingat memiliki atmosfer yang luar biasa. Misalnya saja Kota Pahlawan yang menjadi lokasi perdana Talent Scouting The NextDev 2018. Seperti yang telah diharapkan, banyak sekali pendaftar telah submit di www.thenextdev.id. Akan tetapi, hanya 20 startup saja yang diberi kesempatan untuk mempresentasikan pitch deck di hadapan dewan juri. Di akhir sesi, akhirnya terpilihlah lima startup terbaik yang akan melaju ke babak final di Jakarta.

Makin mengesankan karena penyelenggaraan acara di Surabaya ini bersamaan dengan perhelatan IdeaX. Jadi deretan bintang tamu yang mengisi acara bukan hanya dewan juri Talent Scouting saja, tapi juga beberapa influencer idola millennial. Misalnya saja, Andy F. Noya, Bayu Skak, Devina Aureel, dan lain sebagainya.

Kemudian tepat pada 28 Juni 2018, The NextDev 2018 berkunjung ke Denpasar, Bali . Dilangsungkan di Kembali Innovation Hub, total ada 20 startup yang memperoleh kesempatan bertatap muka langsung dengan dewan juri. Akhirnya terpilihlah tiga startup untuk terbang ke Jakarta di bulan Oktober mendatang guna bersaing dengan pemenang dari kota lain.

Catatan menarik dari Talent Scouting di Bali ini adalah sorotan dewan juri terhadap konsep yang ditawarkan para founder. Cukup mengesankan mengingat para developer Pulau Dewata mencoba untuk menyentuh berbagai lini kehidupan masyarakat. Misalnya, pendidikan, kesehatan, pelayanan masyarakat, disabilitas, dan lain sebagainya.

Edisi teranyar adalah Jogja. Bertempat di Hotel Harper, Kota Gudeg menjadi kota keenam penyelenggaraan Talent Scouting The NextDev 2018. Total ada 20 startup yang berkesempatan untuk mempresentasikan konsep startup-nya di hadapan dewan juri. Pada akhir sesi, terpilihlah tiga startup terbaik untuk melaju ke babak final yakni Wozmi, Neurabot, dan KODI.

Talent Scouting di Jogja tak dihadiri seperti biasa oleh juri reguler, yakni Valencia Dea (ANGIN Principal), Yoris Sebastian (Founder OMG Consulting), Dennis Adhiswara (CEO Layaria Network), Alamanda Shantika (Founder Binar Academy), dan M.Alfatih Timur (CEO Kitabisa.com). Namun makin spesial berkat kehadiran juri tamu dari beragam operator Future Makers. Di antaranya adalah Mr. Tubagus Husniyullah (GM Corporate Social Responsibility Telkomsel), Mr. Andrew Buay (Vice President Group Sustainability Singtel), Ms. Helen Maisano (Director Group Sustainability Optus), Mr. Peerasak Komalarajun (PR Expert AIS), Ms. Yoly Crisanto (SVP Corporate Communications and Chief Sustainability Officer Globe), dan Mr. Nishant Jindal (Head Compliance and Sustainability Airtel).

Luar biasa inspiratif, bukan? Maka dari itu, jangan sampai kelewatan edisi selanjutnya di Jakarta yang akan dihelat pada 26 Oktober 2018. Periode submission akan dibuka hingga 15 Oktober 2018, jadi segera kirimkan idemu di www.thenextdev.id sekarang juga!