Sakit lambung tapi ingin diet?

Seputar Ligacapsa – Menurunkan berat badan memang tak selalu dapat berjalan mulus. Salah satu penyebab gagalnya diet ialah penyakit asam lambung yang menyebabkan nyeri pada perut.

Namun, ada kabar baik bagi orang yang sakit asam lambung. Anda tetap bisa diet. Dalam acara simposium “The Role of Nutrition in The Prevention and Treatment of Obesity”, Head of Medical Marketing Kalbe Nutritionals, Muliaman Mansyur menjelaskan diet amannya.

“Orang yang sakit lambung boleh diet kok. Yang pasti, pemberian snack (camilan ringan) harus diperhatikan,” jelas Muliaman saat ditemui di Hotel Aryaduta, Jakarta, Minggu (29/7/2018). Inilah tips diet ampuh bagi penderita sakit lambung.

Jadwal pemberian snack, yakni di antara jam makan besar. Dalam sehari bisa lima kali pemberian snack dilakukan. Upaya ini mencegah asam lambung tidak naik.

Makan tiga kali sehari

Muliaman juga menjelaskan, trik mencegah obesitas (kelebihan berat badan). Trik ini pun berlaku bagi orang yang sakit asam lambung.

“Jaga kalori tetap terkontrol. Prinsipnya makan tiga kali sehari. Sarapan, makan siang, dan makan malam. Kalau tidak bisa makan malam, boleh ditarik lebih cepat dengan makan sore,” ujar Muliaman.

Tak hanya itu, ketercukupan gizi makan perlu diperhatikan. Kebutuhan karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral harus seimbang. Saat diet, cairan dalam tubuh juga harus mencukupi. Fungsinya ialah untuk mempercepat proses pembakaran lemak dan membuangnya melalui urine.