SBY puji langkah cepat Jokowi tinjau langsung lokasi gempa Palu

POLITIK- Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono memuji tindakan Presiden Joko Widodo dalam menangani bencana gempa dan tsunami yang mendera Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

“Tindakan cepat presiden jokowi untuk berkunjung ke daerah bencana saya nilai tepat,” kata SBY dalam keterangan resmi, Minggu (30/9).

Presiden Jokowi telah tiba di Kota Palu, Minggu (30/9). Usai memimpin rapat terbatas (ratas) dengan sejumlah jajarannya terkait gempa dan tsunami yang melanda Sulawesi Tengah, Jokowi dan rombongan langsung bergerak untuk meninjau sejumlah titik yang terdampak bencana.

Titik pertama yang dituju adalah Perumnas Balaroa dan tiba pada pukul 13.55 WITA. Di lokasi ini, Jokowi yang mengenakan jaket loreng hijau-hitam TNI meninjau lokasi reruntuhan bangunan dan menyerahkan bantuan.

Setelah itu titik berikutnya yang akan ditinjau Jokowi adalah Pantai Talise. Pantai ini merupakan tempat wisata utama di Palu dan terdampak tsunami paling parah. Jokowi kemudian menuju Rumah Sakit Undata dan meninjau posko pengungsi di Lapangan Vatulemo.

SBY sangat mendukung langkah Presiden Jokowi meninjau langsung ke daerah yang terkena bencana.

“Dengan datang langsung ke daerah yang terkena bencana beliau akan bisa melihat situasi, mengambil keputusan, dan kemudian nanti operasi tanggap darurat berjalan dengan cepat tapi juga efektif,” ujarnya.

Terakhir, SBY mengajak bersatu dan membantu pemerintah mengatasi permasalahan yang sedang melanda masyarakat di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Baik pada fase tanggap darurat maupun nanti pada saatnya rehabilitasi dan rekontruksi.

“Saya kira saatnya kita menunjukkan solidaritas untuk saudara-saudara kita yang mengalami musibah dan sekaligus membantu pemerintah untuk mengatasi bencana ini,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *