Mengonsumsi Suplemen Setiap Hari, Apakah Aman?

Seputar Ligacapsa – Mengonsumsi suplemen memang sudah menjadi hal yang biasa untuk menjaga kesehatan. Minum suplemen adalah cara praktis agar badan tetap bisa fit tanpa perlu menjaga pola makan. Namun, apakah kamu pernah terpikir bahwa cara ini aman untuk kesehatan?

Seperti yang dilansir dari klikdokter, suplemen merupakan bahan tambahan yang berfungsi untuk melengkapi atau meningkatkan sesuatu yang sebenarnya sudah tersedia. Artinya, suplemen di sini dianggap sebagai tambahan gizi tertentu saja seperti vitamin dan mineral.

Pada awalnya, suplemen dibuat untuk memenuhi zat gizi yang tidak bisa didapatkan dari makanan sehari-hari. Misalnya bagi orang yang tidak suka makan sayur, maka ia bisa mengonsumsi suplemen yang memiliki kandungan zat besi maupun vitamin. Jadi, suplemen digunakan untuk menggantikan gizi yang tidak bisa didapat karena alasan tertentu. Bukan sebagai pengganti makanan atau obat dari dokter.

Memang sudah banyak penelitian yang membuktikan mengonsumsi suplemen setiap hari memang aman untuk kesehatan. Salah satunya adalah penelitian dari Physician Health Study II yang mengatakan bahwa mengonsumsi suplemen bisa membantu untuk menurunkan risiko kanker dan katarak. Namun hanya sedikit penelitian lain yang bisa dipercaya.

Untuk kamu perlu tetap mengonsumsi sayur dan buah-buahan karena zatnya yang alami dan bergizi tidak dapat tergantikan oleh suplemen apapun. Jadi, jika kamu merasa makanan sehari-hari yang kamu makan sudah cukup gizi dan nutrisinya, maka kamu tidak perlu mengonsumsi suplemen.

Namun, jangan selalu mengandalkan suplemen agar kamu bisa tetap sehat. Sebaiknya cobalah untuk menghindari ketergantungan dengan suplemen dengan menjaga pola makan dan olahraga secara rutin. Semoga bermanfaat