Daya Tarik Trio iPhone Baru di Mata Pengamat

Teknologi – iPhone baru punya magnet di kalangan penggemarnya dan akan selalu diburu, tak terkecuali iPhone XSiPhone XS Max dan iPhone XR yang baru dirilis. Ada sejumlah hal yang menjadi daya tarik trio iPhone baru ini.

Hal ini diungkap pengamat gadget Lucky Sebastian, saat dimintai komentarnya terkait euforia peluncuran iPhone teranyar. Dikatakannya, iPhone baru senantiasa menarik, meski tidak terlalu banyak perubahan dari seri sebelumnya dalam segi tampilan.

“Dengan tiga varian sekarang sebenarnya Apple memberikan lebih banyak pilihan,” sebut Lucky, Kamis (13/9/2018).

Disebutkan Lucky, para fanboy akan luluh jika ditawari sejumlah fitur yang lebih baik dari seri sebelumnya. Untuk iPhone XS, XS Max dan XR, Apple menyodorkan kamera dan baterai lebih baik, layar lebih bagus, serta fitur dual SIM.

“Ternyata fitur dual SIM ini akan menarik untuk banyak orang terutama di negara-negara Asia,” komentar Lucky.

Daya tarik trio iPhone baru ini didukung kecerdasan buatan atau neural engine yang dibenamkan dalam chip A12 Bionic yang digunakannya. Lucky menyebutkan, neural engine akan menyita perhatian di smartphone zaman sekarang. Pasalnya, para pembuat chip bersaing untuk urusan ini.

Chip A12 Bionic yang digunakan pada iPhone XS, XR dan XS Max, serta beberapa chip SoC dari iPhone sebelumnya, menurut Lucky, selalu memimpin dalam kemampuan benchmarknya.

“Chip ini leading karena fokus, dibuat hanya untuk iPhone, tidak untuk dijual untuk smartphone lainnya. Jadi team R&D hardware-nya bisa integrasi dengan team pengembangan lainnya untuk menghasilkan device yang lebih maksimal,” terangnya.

Dia berpendapat, kelebihan ini sangat mungkin menggaet pengguna baru di luar fanboy Apple untuk memiliki trio iPhone baru.

“Bisa (menggaet non fanboy Apple). Bukan karena pengertian neural engine-nya, tapi karena implementasinya. Misalnya dalam game dan augmented reality (AR). AR di mobile device ini, iPhone menjadi yang terbaik sekarang,” ujarnya.

Di luar itu, kunci sukses iPhone selalu menarik perhatian juga didukung riset dan pengembangan (research and development/R&D) yang bisa membangkitkan kepercayaan terhadap produknya.

“Ada dua hal penting yang saya perhatikan harus ada di flagship. Kepercayaan kepada produk dan nama besar vendornya. Jadi secara produk harus bagus, dan vendornya juga harus memimpin dalam inovasi. Jadi kira2 akan membangkitkan kepercayaan dari fans atau konsumennya,” tuturnya.