8 solusi sederhana untuk mata yang kering dan gatal

Seputar Ligacapsa – Entah karena debu, udara dingin, alergi, atau penggunaan lensa kontak, kamu pasti pernah mengalami mata kering dan gatal. Biasanya kamu akan langsung mengucek mata yang kering dan gatal dengan harapan kamu bisa meredakan rasa tidak nyaman tersebut. Padahal tindakan mengucek mata justru akan mengakibatkan infeksi mata yang lebih parah.

berikut adalah beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi mata yang kering dan gatal.

Air garam
Air dan campuran garam adalah obat yang sederhana untuk mengobati mata kering dan teriritasi. Garam membantu membersihkan kotoran yang terkumpul di mata dan sifat anti bakteri di dalamnya akan membunuh bakteri penyebab sakit mata.

Teh chamomile
Teh chamomile ternyata bisa kamu manfaatkan untuk mengobati mata yang kering dan gatal. Sebabnya teh chamomile memiliki efek anti alergen yang kuat dan menghambat pelepasan histamin, yang mencegah munculnya reaksi alergi. Caranya adalah dengan membasuh mata dengan air rendaman teh chamomile.

Air mawar
Air mawar diketahui sangat efektif untuk mencegah mata merah dan gatal. Gunakan air mawar murni untuk membuat mata rileks, menghilangkan gatal, dan bengkak.

susu dingin
Susu dingin ternyata bisa kamu gunakan untuk mengobati mata kering dan gatal, lho. Sebabnya susu dingin mampu menenangkan rasa panas dan ketidaknyamanan di mata. Lemak dalam susu juga sangat baik untuk mengobati mata bengkak.

Mentimun
Mentimun memiliki sifat antioksidan yang bisa membantu mengurangi peradangan dan iritasi mata penyebab gatal. Kamu juga bisa mengurangi mata bengkak atau lingkaran hitam di bawah mata jika kamu mengompres mata dengan mentimun.

Teh hijau
Teh hijau memiliki banyak manfaat sehat, khususnya pada mata seperti menenangkan mata karena sifat anti inflamasinya hingga meredakan gatal.

Lidah buaya
Kamu juga bisa memanfaatkan lidah buaya untuk meredakan mata yang gatal dan kering.

kentang
Saat mata kamu gatal dan kering, kupas dan iris kentang lalu gunakan sebagai masker mata. Sifatnya yang menenangkan sangat efektif untuk mengobati iritasi mata yang sedang terjadi