Tutorial cara memakai eyeliner gaya puppy eyes dan cat eyes

LIFESTYLE – Melihat riasan mata artis-artis Korea yang tampak menggemaskan dengan puppy eyes pasti bikin kamu kepincut. Begitu juga dengan cat eyes yang jadi ciri khas dandanan Taylor Swift. Kedua tampilan tersebut diwujudkan dengan eyeliner saja. Masalahnya, bagaimana cara memakai eyeliner seperti mereka?

Puppy eyes dan cat eyes sama-sama memiliki ciri khas berupa ekor mata yang meruncing. Hanya saja puppy eyes meruncing ke bawah. Sementara lengkungan cat eyes meruncing ke atas.

Puppy eyes banyak disukai wanita karena bisa memberikan kesan sorot mata innocent. Sedangkan cat eyes bisa menambah kesan glamor dan sensual pada riasan.

Tak perlu berlama-lama, berikut ini kita akan belajar cara memakai eyeliner dengan gaya puppy eyes Korea dan cat eyes Hollywood. Yuk, simak langkah demi langkah tutorialnya.

Cara memakai eyeliner gaya puppy eyes

Untuk mendapatkan sorot mata polos dan menggemaskan bagaikan anak anjing (puppy), kamu perlu dua jenis eyeliner.

Alat yang dibutuhkan:

  • Eyeliner cair, gel, atau spidol
  • Eyeliner pensil/kajal (kohl)


Eyeliner cair, gel, dan spidol diperlukan untuk membuat garis yang presisi di sepanjang garis mata bagian atas. Sementara eyeliner pensil dan kajal (kohl) akan dipakai untuk membuat garis yang lebih natural di garis air pada bagian bawah mata.

Berikut ini cara memakai eyeliner dengan gaya puppy eyes langkah demi langkah:

  1. Pakai maskara terlebih dahulu agar mata tampak lebih terbuka.
  2. Buat garis memanjang dari pangkal garis mata hingga ujung dengan eyelinerspidol atau cair untuk mendapatkan garis yang tajam dan halus.
  3. Ketika spidol atau kuas eyeliner mendekati ujung, tarik hingga keluar garis mata. Tarik ke arah bawah, mengikuti lekukan pertemuan garis mata atas dan bawah.
  4. Bingkai mata dengan menyapukan eyeliner pensil atau kajal (kohl) mulai garis luar mata hingga pertengahan garis air.
  5. Baurkan goresan kajal menggunakan tangan agar hasil akhirnya tampak lebih halus.

Demikian cara memakai eyeliner dengan gaya puppy eyes ala negeri ginseng. Agar mata tampak semakin cantik, kamu juga bisa menyapukan sedikit eyeshadow warna putih di kedua pangkal mata. Dengan demikian mata akan tampak lebih lebar dan bercahaya.

Cara memakai eyeliner gaya cat eyes

Berikutnya kita akan mempelajari cara memakai eyeliner dengan gaya cat eyes yang kerap diadopsi para model internasional dan selebriti Hollywood.

Sesuai dengan namanya yang berarti mata kucing, makeup cat eyes bisa dikenali dari ekor mata yang meruncing ke atas. Riasan seperti ini ditujukan untuk menciptakan kesan sensual.

Alat yang dibutuhkan:

  • Eyeliner cair/spidol/gel


Cat eyes adalah garis yang membingkai mata dengan ketajaman presisi. Untuk mendapatkan tampilan ini, kamu perlu eyeliner dengan aplikator yang bisa membuat garis tipis dan tajam. Pilihan terbaik adalah eyeliner cair. Tetapi kamu yang belum terbiasa menggunakannya juga bisa menggunakan eyeliner spidol.

Berikut ini tutorial cara memakai eyeliner dengan gaya cat eyes yang bisa kamu coba.

  1. Buat garis diagonal dari ujung kelopak mata terlebih dahulu.
  2. Buat garis kedua, kira-kira 1 centimeter dari ujung garis mata. Satukan ujungnya dengan garis pertama yang dibuat. Sekarang Anda sudah memiliki cat eyes yang belum diisi warna.
  3. Mulai dari pangkal garis mata, mulailah membingkai mata dengan garis tipis yang presisi dan satukan dengan cat eyes yang sudah dibuat tadi.
  4. Terakhir isi garis cat eyes dengan eyeliner hingga membentuk lengkungan hitam sempurna.

Agar mata tampak lebih menggoda, pakailah bulu mata palsu. Kemudian jepit dan sapukan maskara. Sebaiknya alis mata kamu juga dirapikan dan dipertebal dengan pensil alis atau brow gel. Pasalnya cat eyes tidak akan tampak maksimal kalau alismu terlalu tipis atau tidak berbentuk.

Demikian cara memakai eyeliner dengan dua gaya riasan yang paling populer saat ini. Mungkin kamu tidak bisa membuat puppy eyes atau cat eyes yang sempurna dalam satu kali percobaan. Tapi jangan keburu menyerah, ya. Soalnya makeup itu memang harus dipelajari berkali-kali sampai kita bisa mendapatkan hasil yang sesuai keinginan