Ini alasan pasta gigi bukan obat jerawat

Seputar Ligacapsa – Anda mungkin pernah mendengar informasi bahwa pasta gigi bisa digunakan untuk mengatasi jerawat. Jangan langsung percaya pada informasi seperti ini.

Ya, memang pasta gigi sejak lama dipakai sebagai cara rumahan mengatasi jerawat. Kandungan triclosan dalam pasta gigi yang bersifat antibakteri memang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat. Sehingga membuat bengkak berkurang dan jerawat mengering. Sayangnya, saat ini hampir tidak ada pasta gigi yang mengandung triclosan.

Fakta lain yang perlu diketahui adalah bahwa kandungan yang ada di pasta gigi tak cocok alias terlalu ‘keras’ untuk kulit wajah. Sehingga membuat kulit jadi kering dan iritasi.

“Kulit yang rentan berjerawat akan bereaksi karena menjadi kering dan teriritasi, sehingga bakal ada banyak jerawat lagi yang tumbuh,” kata dokter kulit, Kenneth Howe mengutip Women’s Health, Rabu (5/6/2018).

Mengingat efek buruk dari pasta gigi bagi kulit wajah, lebih baik mengoleskan krim atau pasta khusus antijerawat. Di apotek atau toko obat pasti bisa ditemukan dengan mudah produk krim atau gel untuk mengatasi jerawat.

“Jika Anda bisa membeli krim jerawat, lebih baik pakai itu daripada mengoleskan pasta gigi,” kata dokter spesialis kulit dari New York, Joshua Zeichner.

Jika memang tidak ada produk untuk mengatasi jerawat di sekitar Anda dan terpaksa memakai pasta gigi, ingat jangan sembarangan pilih. Pastikan pasta gigi itu minim pemutih dan pewarna, dua kandungan yang bisa membuat kulit wajah iritasi.