Jonatan Cerrada main film di Indonesia

Seputar Ligacapsa  – Kecintaannya terhadap Indonesia membuat Jonatan Cerrada betah berkarir di Indonesia. Jo begitu panggilannya, adalah penyanyi dan aktor berpaspor Belgia. Ia baru saja merilis single kedua berjudul Lintas Galaksi yang menjadi soundtrack film yang ia bintangi yakni LIAM DAN LAILA.

Sebelum Lintas Galaksi, Jo pernah merilis single berjudul Lelaki Lain di Hati. Tak sembarangan, Jo merupakan jebolan French Idol 2003. Ia pun sempat merilis album di Perancis di bawah naungan Sony Music Perancis.

Bicara soal lagu Lintas Galaksi, Jo dengan semangat bercerita tentang isi dari lagu tersebut. “Tentang dua orang yang tinggal di dua galaksi berbeda. Karena itulah semua menjadi berlawanan dari mulai bahasa mereka sampai ke budaya mereka. Tapi bagaimanapun mereka masih saling mencintai dan ingin bersama,” ungkap Jo saat ditemui di Kawasan Kemang, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Di dalam film LIAM DAN LAILA ini dirinya menjadi pemeran utama dan beradu akting dengan Nirina Zubir. Tantangan terbesar Jo saat berakting jelas adalah soal bahasa. Tapi dengan kerja kerasnya Jo sukses berakting dengan baik.

“Belajar bahasa karena saya hanya bisa sedikit dan Liam itu bisa lancar bahasa Indonesianya. Hari pertama kami reading di Mahakarya itu pertama kali saya bertemu Nirina dan semuanya. Saya bilang oh my god I can not understand anything. Saya membaca dialog yang saya sendiri tak mengerti apa artinya. Lalu saya pelajari semua dialognya lagi di rumah dengan bantuan Google Translate untuk mengerti setiap kata dalam dialog dan tahu artinya itu apa,” tutur Jo bercerita.

“Saya berakting ketika muda. Di akademi Belgia saya belajar tentang musik dan akting, bukan hal baru, saya pernah berakting di beberapa sitcom dan teater di Eropa tapi tidak pernah main film. Ini film pertama saya. Jadi ini pengalaman baru walaupun saya tahu bagaimana dunia peran itu sejak belia,” lanjutnya.

Pada awalnya, Jo tak menyangka bisa berkarir di Indonesia. Berawal dari kecintaannya terhadap dunia musik, Jo akhirnya dikenal di Indonesia. Ia pun sering diundang dan tampil dalam beberapa acara televisi.

“Semua sangat tidak terduga. Ketika saya mulai bermusik lagi saya hanya ingin menyambungkan kreasi saja dan have fun. Saya tidak terlalu terobsesi untuk sukses. Hanya ingin membagikan lagu saya. Tapi saya terkejut single pertama saya booming dan viral dan saya dapat banyak kesempatan. Saya diundang ke acara2 TV dan ketika Mahakarya kontak saya kanget banget. WTF they want me? Saya ingin liat apa yang akan terjadi nanti, siapa tahu. Yang jelas sekarang saya sangat bahagia dan akan dapat banyak kejutan lainnya dalam karier saya,” tuturnya.

Kini Jo mengaku telah betah tinggal dan bekerja di Indonesia. Banyak hal yang ia sukai. “Saya jatuh cinta dengan negara Indonesia. Saya betah di sini. Saya suka orang Indonesia dan makanan di sini. Saya percaya pada karma dan saya yakin bahwa saya adalah orang Indonesia di kehidupan sebelumnya,” tandas Jo.