8 Cara Menyembuhkan Jerawat

Seputar Ligacapsa  – Masalah jerawat bisa muncul kapan saja bahkan jika kamu sudah lama melewati masa pubertas. Hal ini bisa dialami siapa saja, namun jangan khawatir, karena selalu ada cara untuk menyembuhkannya dengan cepat.

Rasanya semua hal yang Anda lakukan tidak cukup untuk benar-benar membuat jerawat menghilang selamanya, benar? Dilansir dari thelist.com, Senin (6/8/2018), berikut ini adalah beberapa hal tidak terduga yang ternyata dapat menyembuhkan jerawat.

1. Es batu
Es batu dapat membantu meminimalisir peradangan dan kemerahan dengan sangat cepat. Jika terlalu dingin di kulit, Anda bisa membungkus es batu dengan handuk sebelum mengaplikasikannya pada bagian yang sedang tumbuh jerawat.

2. Hidrokortison
Untuk jerawat kemerahan, cobalah menggunakan krim hidrokortison. Hidrokortison seringkali dikaitkan dengan kulit kering dan gatal-gatal, namun krim ini juga bagus untuk mengurangi kemerahan dan iritasi.

3. Calamine
Calamine atau asam salisilat dapat mengurangi kemerahan dan pembengkakan yang terjadi karena tumbuhnya jerawat. Sudah pernah coba ini untuk mengatasi masalah jerawat?

4. Kunyit

Kunyit memiliki sifat anti inflamasi yang luar biasa, Anda bisa menggunakan kunyit sebagai perawatan kulit atau meminumnya langsung. Jika kulit sangat merah atau iritasi, masker kunyit adalah jawabannya. Walaupun kulit akan terlihat sedikit kuning setelahnya, masker kunyit akan membuat kulit terasa lebih halus, mengurangi kemerahan, dan peradangan.

5. Minyak pohon teh
Minyak pohon teh berasal dari pohon Melaleuca, berasal dari Australia yang memiliki sifat antimikroba dan antiseptik. Minyak ini dapat digunakan untuk mengatasi penyakit ringan dan kulit.

Selain itu, minyak ini juga dapat mengatasi ketombe atau kulit kepala yang teriritasi, dan jerawat. Anda bisa menggunakannya sebagai toner, namun ingat untuk selalu membasahi wajah terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan minyak pohon teh.

6. Madu
Madu tidak hanya manis, namun juga dapat digunakan sebagai anti peradangan. Madu dapat mengurangi kemerahan dan menenangkan kulit yang teriritasi.

7. Kulit pisang
Kulit pisang tidak hanya kaya akan kandungan antioksidan dan potasium, namun juga dapat membantu menyembuhkan jerawat. Gosokkan kulit pisang tepat pada bagian kulit yang sedang berjerawat untuk mengurangi kemerahan, bengkak, dan menyembuhkannya lebih cepat.

8. Lidah buaya
Lidah buaya adalah bahan alami, tanpa aditif, dan memiliki sifat penyembuhan yang nyata. Tanaman lidah buaya dapat mengurangi kemerahan, peradangan, dan rasa gatal.