Susah Fokus di Kantor Bisa Diatasi Dengan 5 Cara Mudah Ini

Karir – Bekerja seharian di kantor memang bisa membuat stres karena banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan. Apalagi jika ditambah kegiatan rapat, bertemu klien, dan kegiatan tambahan lainnya. Belum lagi jika lingkungan kantor tidak begitu kondusif untuk bisa membuatmu fokus dengan pekerjaan.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada cara mudah agar bisa kembali fokus. Dengan melakukan hal-hal berikut ini dijamin kamu bisa menyelesaikan pekerjaanmu secara maksimal.

1. Buat daftar harian
Jika kamu memilih bekerja fokus tanpa henti selama seharian, lebih baik kamu mencoba membuat daftar prioritas yang ingin dikerjakan selama seminggu. Hal ini akan membantu kamu bisa menangani gangguan yang akan datang dan bisa lebih mudah mengatasinya. Kamu bisa sempatkan pagi hari untuk menyusun daftar harian tersebut.

2. Istirahat setiap satu jam
Boleh-boleh saja menjadi pekerja keras, namun jangan lupa untuk selalu sempatkan istirahat minimal 30 menit sampai 1 jam. Dengan beristirahat seperti makan atau mendengarkan musik, maka pikiranmu bisa segar kembali dan menjadi lebih fokus menyelesaikan pekerjaan.

3. Matikan semua alat komunikasi
Saat bekerja, baiknya matikan seluruh alat komunikasi. Hal ini dilakukan untuk menghindari gangguan yang datang seperti chat masuk saat bekerja sehingga kamu menjadi kurang fokus. Jadi ketika pekerjaan sudah selesai atau di waktu istirahat, kamu baru boleh mengecek semua alat komunikasi tersebut.

4. Meditasi
Kamu juga melakukan meditasi di kantor. Tidak perlu lama-lama, cukup lakukan selama 5-10 menit di tempat yang sepi, seperti ruang rapat yang tidak terpakai. Ada banyak cara meditasi yang bisa kamu lakukan, namun yang terpenting adalah kosongkan pikiran dan tenangkan diri terlebih dahulu.

5. Ubah lingkungan sekitar
Terakhir, jika kamu sudah melakukan segalanya dan masih kurang bisa fokus bekerja maka cobalah mengatur meja kerja agar menarik sehingga bisa dengan nyaman untuk bekerja. Kamu bisa memasang foto orang kesayangan atau memberi dekorasi unik agar meja kerja jadi lebih cantik dan rapi.

Nah, kelima tersebut bisa kamu lakukan agar bisa fokus di tempat kerja. Dijamin kamu bisa bekerja semaksimal mungkin, jika sudah nyaman. Selamat mencoba!