5 Tips Sukses Membangun Karier bagi Perempuan di Era Digital

Karir – Membangun karier di era digital memang akan selalu disertai dengan berbagai hambatan dan halangan. Apalagi buat yang baru mau melangkah, harus siap dengan semua risiko dan tantangan yang menghadang. Tapi selalu ada celah agar bisa sukses dalam membangun karier di zaman modern ini.

Ladies, sebenarnya sudah ada banyak tips membangun karier yang bisa kamu ikuti. Kamu tinggal mencari dan memilih tips yang paling cocok dan bisa kamu lakukan. Sementara itu, khusus di era digital ini ada beberapa hal yang perlu lebih diperhatikan agar bisa sukses di bidang karier yang dipilih.

1. Fokus pada satu bidang yang ingin kamu geluti
Memang nggak ada salahnya untuk belajar banyak hal. Tapi untuk jangka panjang sebaiknya fokus pada satu bidang untuk terus digeluti dan dikembangkan. Jadilah yang profesional di bidang tersebut. Pastikan juga kamu memang menyukai bidang yang ingin kamu geluti.

Copyright ultraupdates.com

2. Bangun online presence yang positif
Bisa dimulai dengan membuat akun media sosial yang bisa berisi hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaanmu. Jadi media sosial bukan cuma dipakai untuk curhat atau pamer foto selfie saja ya. Kamu bisa coba bikin akun di LinkedIn untuk meningkatkan personal branding di dunia maya. Maksimalkan setiap akun media sosial untuk membangun profesionalismemu. Kalau perlu miliki juga blog pribadi yang memuat portofolio kerjamu dari waktu ke waktu.

3. Tantang diri untuk membuat prestasi dan pencapaian baru
Tingkatkan nilaimu dengan membuat prestasi atau pencapaian baru. Misalnya dengan jadi juara sebuah kompetisi yang sesuai dengan bidangmu. Atau membuat karya dan project yang bisa jadi nilai tambah untuk keahlianmu. Semua prestasi itu nantinya bisa ditambahkan ke portofoliomu dan meningkatkan peluangmu mendapat tawaran pekerjaan yang lebih bagus.

Copyright mer-cury.com

4. Cari mentor
Dikutip dari topresume.com, penelitian menyebutkan bahwa memiliki mentor bisa meningkatkan peluang sukses anak-anak muda. Dengan memiliki mentor, kita bisa mendapat bimbingan dan arahan untuk membangun karier yang lebih baik. Setidaknya kamu bisa lebih berhati-hati agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

5. Kolaborasi dengan para pakar
Kolaborasi bisa jadi cara untuk membangun jejaring. Perluas pergaulan dan pengalaman dengan membuat sesuatu bersama para pakar. Cara ini terbilang cukup efektif untuk mendapat pengalaman baru sekaligus mengasah kemampuan yang sudah kamu punya.

Semoga bidang karier apapun yang kamu pilih bisa membawamu pada kesuksesan ya ladies. Tantangan di dunia kerja bakal makin berat tapi selalu ada cara untuk meningkatkan profesionalisme.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *