Usai Gempa, Begini Dampak Wisatawan Tiga Gili di Lombok

Berita Terkini – Wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke tiga gili di Lombok diprediksi turun lantaran gempa berkekuatan 7 skala richter yang mengguncang Lombok dan Bali, Minggu, 5 Agustus 2018. Wisatawan khawatir akan adanya bencana susulan.

Ketua DPD Association of The Indonesian Tours Travel Agent (ASITA) NTB, Dewantoro Umbu Joka mengatakan, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara yang akan turun drastis. Sebab, wisatawan yang datang ke Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air memang didominasi oleh wisatawan mancanegara.

“Kita perlu informasi BMKG dan BNPB yang benar-benar valid. Ketika kita meyakinkan memberikan kepercayaan kepada turis itu supaya jangan sampai kita bilang tidak ada masalah, tiba-tiba ada masalah,” ujarnya.

Menurutnya, suatu hal yang lumrah jika ada penurunan wisatawan usai bencana gempa ini. Ia pun berharap segera ada informasi aman dari pihak berwenang agar kunjungan turis ke Indonesia tidak terganggu.

“Tapi saya pikir itu hal yang lumrah kalau ada yang menurun (kunjungan) wisatawan karena gempa ini. Jadi memang kita harus ada masukan agar bisa promosi. Musti ada alasan secara ilmiah kan untuk suruh mereka datang. Kan butuh garansi dari badan yang berwenang mengatakan bahwa gempa itu sudah berakhir,” tutupnya.

“Kalau di Gili itu rata-rata 75-80 persen (wisatawan asing), karena memang yang paling banyak itu dari luar. Ya, sekitar 80 persen lah,” ujarnya kepada¬†VIVA¬†saat dihubungi, Senin 6 Agustus 2018.

Ia pun berharap segera ada informasi yang valid dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ataupun Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bahwa gempa dan peringatan potensi bencana lainnya seperti tsunami telah berakhir.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *