Alasan Foto Paspor Harus Tersenyum

Seputar Ligacapsa – Apa yang muncul di benakmu ketika mendengar istilah ‘foto formal’? Mungkin foto dengan wajah serius tanpa senyum dan bahu tegap. Biasanya pose foto seperti ini dilakukan demi kepentingan pengurusan kartu tanda pengenal atau identitas formal seperti foto KTP, SIM dan paspor.

Tapi tahukah kamu bahwa sebaiknya kamu tersenyum saat petugas mengambil foto untuk foto paspor kamu? Karena ternyata menunjukkan wajah tersenyum pada foto paspor bisa memberikan manfaat positif lho.

penelitian yang dilakukan University of York menemukan bahwa menunjukkan wajah tersenyum di foto paspor berpotensi mengurangi kecurigaan petugas atas tuduhan penipuan identitas.

Peneliti mempelajari beberapa cara untuk mengidentifikasi orang melalui foto tanda pengenal mereka dan mengetahui apakah tanda pengenal yang mereka berikan asli atau palsu. Penelitian dilakukan dengan cara diberikan tes. Partisipan diminta mencocokkan foto orang dengan ekspresi wajah netral, mirip dengan foto paspor, dan foto orang yang sama saat mereka tersenyum.

Hasilnya, peneliti menemukan bahwa petugas susah mengenali orang ketika ekspresi wajah mereka datar atau netral. Petugas lebih mudah mengenali orang di tanda pengenal ketika mereka tersenyum.

Dr. Mila Mileva dari jurusan psikologi University of York mengungkapkan, “Foto pada kartu identitas adalah bagian penting untuk mengenali seseorang. Penipuan identitas adalah masalah yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari sehingga sangat penting menemukan cara terbaik mengidentifikasi orang sehingga bisa menghindari penipuan.”

Itulah mengapa, pihak imigrasi Amerika Serikat menyarankan masyarakat agar sebaiknya tersenyum saat menyerahkan foto identitas, salah satunya foto paspor. Wah, kira-kira di Indonesia juga perlu diterapkan ya, agar penipuan terkait identitas palsu bisa dikurangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *