5 Fakta Tentang Ketombe

Seputar Ligacapsa  – pasti kamu sering merasa kesal saat rambutmu mulai terkena ketombe. Pasalnya ketombe seringkali dialami saat cuaca terasa panas sehingga rambut bisa menjadi lebih berminyak. Perlu kamu tahu kalau ketombe bisa disebabkan karena kamu tinggal di daerah tropis seperti Indonesia.

Mungkin kamu sudah melakukan berbagai cara untuk menghilangkannya mulai dari bahan alami hingga produk perawatan rambut. Jika ketombemu tak kunjung hilang, maka harus kamu ketahui fakta berikut ini. Pastinya tidak hanya dari faktor luar saja yang bisa memicu munculnya ketombe, namun juga dalam dirimu sendiri.

1. Ketombe bisa disebabkan oleh catokan
Tahukah kamu kalau penggunaan hairdyers dan catokan bisa membuat kulit kepala menjadi kering? Well, peralatan stylish rambut memang bisa mengambil minyak alami rambut dan membuatnya menjadi kering. Hal inilah yang bisa memicu rasa gatal dan ketombe. Jadi usahakan untuk tidak sering memakai peralatan stylishrambut.

2. Usiamu juga bisa mempengaruhi munculnya ketombe
Umur, jenis kelamin, dan jenis kulit juga bisa menyebabkan ketombe. Hormon yang ada di dalam tubuh seperti saat pubertas atau hamil juga bisa memicu munculnya ketombe pada rambut.

3. Ketombe juga bisa memicu rambut rontok
Saat merasa gatal, kamu pastinya akan selalu menggaruk kulit kepala yang kering sehingga bisa memicu kerontokan. Disarankan kamu memilih shampoo yang memiliki kandungan seperti rosemary dan tea tree oil.

4. Dietmu juga bisa menjadi alasan
Makanan yang punya lemak tinggi akan bisa memicu kelenjar sebaceous untuk menghasilkan minyak berlebih dan memperparah ketombe. Diet memang menghindari lemak, namun kamu juga harus tetap melengkapi gizi seimbang dengan lemak sehat seperti mengonsumsi alpukat, kacang, dan biji zaitun untuk mengatasi ketombe.

5. Selalu sempatkan keramas
Ketombe bisa menyebabkan kulit kepala menjadi gatal dan bau tak sedap. Dilansir dari Be Beautiful, sebaiknya sempatkan untuk keramas selama 4 kali dalam seminggu.