Cara mengobati keputihan secara alami

Seputar Ligacapsa – Keputihan adalah salah satu cara bagi miss V wanita untuk menjaga kebersihannya. Hal tersebut memang wajar terjadi kepada wanita. Namun yang harus dicermati adalah ketika hal tersebut terjadi terus, berbau, berwarna, dan menyebabkan rasa gatal. Hal ini harus segera anda obati.

Umumnya keputihan yang normal tidaklah bau. Ketika keputihan Anda berbau bahkan menyengat dan hampir dikatakan seperti bau busuk, maka bisa jadi ada kuman yang bersarang dan berkembang biak di miss V Anda. Maka dari itu anda harus tahu cara mengatasi keputihan tersebut agar anda tetap nyaman dan percaya diri.

Nah, berikut ini adalah tanda-tanda keputihan tidak normal:

Berbau

Ada kalanya ketika keputihan Anda berbau. Bahkan menyengat dan hampir dikatakan seperti bau busuk. Hal itu mungkin terjadi karena ada kuman yang bersarang dan berkembang biak di miss V Anda.

Berwarna

Ketika normal, warna keputihan adalah bening dan transparan. Namun jika sudah hijau pekat, kuning, atau bahkan disertai dengan darah, ini masuk dalam kategori keputihan yang tidak normal.

Menimbulkan gatal

Apakah area miss V Anda gatal dan ketika mengalami keputihan? Hal ini juga merupakan salah satu ciri miss V dalam masalah.

Nyeri ketika kencing

Nyeri ketika kencing merupakan tanda bahaya ketika Anda sedang mengalami keputihan. Ini tanda bahwa kuman sudah sampai di kandung kemih Anda.

Jika Anda mengalami keputihan yang abnormal seperti contoh di atas, maka Anda wajib mewaspadainya. Serta obati sesegera mungkin entah itu dengan cara alami atau berkonsultasi ke dokter. Sebelum Anda mengunjungi ginekolog, ada baiknya Anda mengobati keputihan dengan bahan alami berikut ini seperti yang sudah dirangkum Liputan6.com (17/7).

Berikut ini cara untuk mengobati keputihan yang berlebihan secara cepat, alami, dan tradisional:

1. Kunyit

Cara mengobati keputihan yang gatal tanpa efek samping yang pertama adalah dengan menggunakan kunyit. Kandungan zat anti-bakteri pada kunyit dapat membantu mengobati keputihan membandel pada miss V. Anda hanya perlu meminum air perasan kunyit yang telah diparut setiap hari. Minumlah 2 kali dalam sehari untuk mendapatkan proses penyembuhan yang maksimal.

2. Biji fenugreek

Biji fenugreek mungkin masih terdengar asing di telinga Anda. Biji fenugreek berasal dari tanaman dengan nama yang sama yaitu fenugreek atau bisa juga disebut dengan klabet. Biji fenugreek dapat membantu meningkatan jumlah pH pada miss V Anda. Caranya adalah dengan merendam 1 sdm biji fenugreek dalam air hangat selama semalaman. Lalu saring airnya kemudian minum sebelum sarapan.

3. Bawang putih

Bawang putih merupakan resep herbal turun-temurun dikarenakan mengandung sifat antibakteri dan antijamur. Itulah sebabnya mengonsumsi bawang putih efektif untuk menghambat pertumbuhan bakteri merugikan penyebab keputihan.

4. Daun sirih

Cara mengobati keputihan dengan daun sirih juga terkenal untuk dilakukan. Buktinya adalah dengan banyaknya produk pembersih miss V yang menggunakan ekstrak sirih. Sebabnya zat dalam daun sirih bersifat antibakteri dan antijamur. Cara untuk mengobati keputihan dengan daun sirih adalah dengan secara rutin meminum air rebusan sirih atau membasuh Miss V dengan air rendaman sirih.

5. Daun sambiloto

Daun sambiloto juga bisa Anda manfaatkan sebagai cara mengobati keputihan secara alami. Caranya sama dengan daun sirih yaitu dengan merebus daun sambiloto dan meminum air rebusannya.

Keputihan memang wajar terjadi, namun perlu diwaspadai apabila anda merasa hal itu sudah berlebihan. Bila anda mengalaminya ada baiknya anda melakukan pengobatan alami seperti di atas sebelum ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *