SMASH comeback, ogah ditanya tentang Morgan

Seputar Ligacapsa – Setelah sekitar 4 tahun lamanya vakum, boyband SMASH akhirnya memutuskan untuk comeback di tengah-tengah industri musik yang tengah melempem. Formasinya juga masih sama seperti sebelumnya, yakni Rafael, Bisma, Rangga, Dicky, Ilham dan Reza.

Di hadapan awak media, Rangga menceritakan bagaimana proses comeback ini bisa terjadi. Menurutnya, wacana untuk kembali sudah lama sekali direncanakan, namun karena ada kendala satu dan lainnya, baru kali ini mereka bisa benar-benar reuni.

“Sebenernya udah lama banget ya (rencana comeback). Hampir tiap tahun kita bilang ke Smashblast kita mau comeback, tapi memang nggak segampang itu, karena memang kan kontrak kita itu tiga tahun pertama aja. Terus setelah itu kita istilahnya sendiri gitu, kita mikir, ‘Apa nih yang mau dikeluarin?’, terus jujur aja momen terakhir pas kita off air itu bikin semangat kita membara. Pas kita liat ternyata yang nonton antusiasnya luar biasa, kita stop cuma bisa nyanyi empat lagu, terus kita rasa, ‘Wah ternyata masih segini yaa impact kita untuk orang di luar sana’. Akhirnya udah itu yang memantapkan kita untuk bikin sesuatu yang baru,” kenang Rangga ketika ditemui di Epicentrum, Jakarta Selatan, Rabu (11/7).

Setelah lama berjalan sendiri-sendiri, tentu saja ada beberapa perubahan yang terjadi dalam diri para personel SMASH. Namun ketika diminta pendapat mengenai hal yang paling dirindukan selama bersama SMASH, Rafael punya jawabannya sendiri.

“Kalau perubahan sih pasti ada. Dari empat tahun kan kita masing-masing, pasti ada energi untuk mempersatukan kita lagi. Kita aja bareng-bareng kadang suka ada perbedaan pendapat atau segala macem, paling kita sekarang udah empat tahun masing-masing, waktu yang nggak sedeket itu juga. Empat tahun ini kita sering ngumpul, sering ngomong, ‘Kapan kita balik lagi ya?’, jadi hasil yang kita dapetin sekarang ini, hasil dari kita semedi sendiri-sendiri, dan akhirnya bisa kembali lagi menjadi satu. Perbedaannya ya usia, tapi semangatnya tetep sama, tetep kalau pas kumpul bahasannya, ‘Eh inget nggak dulu kita tuh gini gini gini’, kita tuh pengen merasakan lagi meet up di bandara, terus bisa berkeliling-keliling Indonesia,” sambung Rafael.

Seperti diketahui, SMASH merupakan singkatan dari Seven Man As Seven Heroes. Ya, memang dulu anggota SMASH sempat 7 orang, sebelum Morgan memutuskan untuk hengkang dan fokus di dunia akting. Ketika dimintai pendapat mengenai kemungkinan Morgan balik, semua personel SMASH kompak untuk menolak berkomentar.

“Ditanya langsung aja ke orangnya (Morgan),” jawab Rangga singkat.

“Udah nanti malah salah ngomong,” sambung Rafael menutup pembicaraan.