Cara mudah mengendalikan hipertensi

Seputar Ligacapsa – Hipertensi atau tekanan darah tinggi tidak bisa anda anggap remeh. Maka dari itu penting bagi anda untuk menjaga tekanan dara agar tetap stabil.

Dan tahukah kamu, ternyata cara mengatasi hipertensi tidak selalu harus berat atau butuh kerja keras, seperti olahraga. Ada satu cara mudah dan menyenangkan, yaitu memeluk pasangan kamu.

berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Biological Psychology yang menemukan, tekanan darah wanita menurun setelah dipeluk pasangannya. Penelitian dilakukan pada 59 wanita premenopause yang dipeluk pasangannya.

Hasilnya, setelah dipeluk pasangan, hormon oksitosin dilepaskan dari otak sehingga bisa mengendalikan hipertensi.

Bahaya Hipertensi

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), ketika hipertensi terjadi, pembuluh darah arteri akan mengeras sehingga aliran darah akan menurun.

Ketika tidak ada darah yang cukup menyuplai oksigen ke berbagai bagian tubuh, apalagi jantung, maka hal itu akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan, termasuk serangan jantung, stroke dan penyakit kardiovaskuler lainnya.

Hipertensi sangat berbahaya. Lebih baik kalau kita mencegahnya sedini mungkin. Ada banyak cara mencegahnya. Misalnya dengan berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat. Atau bagi anda yang sudah mempunyai pasangan, jangan segan-segan untuk memeluknya, karena itu juga bisa menurunkan risiko hipertensi.