cara atasi sembelit dengan makan makanan pedas?

 Seputar Ligacapsa – Sembelit memang sering kali membuat resah dan tak nyaman. Oleh karena itu, saat mengalaminya si penderita akan mencari cara agak sembelit bisa segera teratasi. Salah satunya dengan memperbanyak minum air putih dan memperbanyak makan buah. Namun ada juga yang salah kaprah dalam bertindak. Yakni dengan memperbanyak makan makanan yang pedas untuk mengatasi sembelit.

Mengonsumsi makanan pedas, seperti bakso yang diberi sambal atau makan rujak pedas, memang bisa membuat seseorang buang air besar, tapi sayangnya berupa diare. Dokter spesialis gizi klinik Diana Sunardi tidak menyarankan Anda melakukan cara ini saat sembelit.

“Cara itu salah. Kalau diare berarti ada proses infeksi dalam tubuh. Kalau tubuh bisa mengatasi bisa sembuh, tapi kalau tidak, bisa makin parah,” kata Diana saat bertemu di kawasan Jakarta Selatan, pada Jumat (6/7/2018).

Salah satu penyebab BAB seseorang tidak lancar karena dehidrasi. Wanita yang aktif dalam Indonesia Hydration Working Group ini menyarankan untuk memperbanyak minum air putih ketika sembelit. Kehadiran cairan membantu feses jadi lebih lunak sehingga lebih mudah dikeluarkan.

Minum air hangat

Saat sembelit, seorang pakar kesehatan pencernaan dari Weill Medical College of Cornell University, Felice Schnoll-Sussman, menyarankan dengan minum air hangat. Suhu air yang hangat membantu melancarkan sistem pencernaan.

“Hangatnya suhu air yang masuk ke dalam tubuh dapat memperlebar pembuluh darah di dalam sistem pencernaan Anda. Sehingga aliran darah akan meningkat dan aktivitas sistem pencernaan bertambah,” katanya mengutip laman Daily Mail, Jumat (6/7/2018).

Selain minum air hangat, aktivitas fisik juga mampu memperlancar pergerakan usus, buang air besar pun jadi lancar.

Dampak air hangat memang memiliki efek baik bagi tubuh. Selain dapat melancarkan BAB, minum air hangat setiap pagi juga dapat membantu membakar kalori dan baik bagi anda yang sedang menjalankan program diet.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *