Cara bijak konsumsi susu kental manis agar tak mengganggu kesehatan

KESEHATAN- Susu kental manis belakangan dicap sebagai produk olahan yang kurang nilai gizinya. Bahkan dituding berbahaya bagi kesehatan. Padahal BPOM sendiri tidak melarang peredaran produk ini, apalagi memberikan label berbahaya. Mereka hanya menganjurkan agar susu kental manis dipasarkan dengan informasi yang tidak menyesatkan konsumen.

Sebenarnya susu kental manis bisa dikonsumsi dengan aman. Tidak membahayakan kesehatan jika dilakukan dengan benar. Bagaimana caranya? Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan.

Konsumsi dalam batas wajar

Kunci dari menikmati lezatnya susu kental manis tanpa membahayakan kesehatan adalah konsumsi secukupnya saja.

“Susu kental manis tidak masalah dikonsumsi secara proporsional. Tapi kalau sudah berlebih, apapun itu tidak boleh. Prinsipnya seperti itu,” kata pakar gizi dari Universitas Indonesia, Ahmad Syafiq kepada Merdeka.com.

Imbangi dengan makanan bergizi

Jika Anda mengonsumsi makanan bergizi seimbang setiap hari, tambahan susu kental manis dalam porsi sewajarnya tidak akan berdampak negatif bagi kesehatan.

Tetap konsumsi sayur-sayuran, buah, biji-bijian, dan air putih dalam jumlah memadai agar tubuh tetap sehat.

Ganti dengan susu kental manis rendah lemak

Sekarang ini ada susu kental manis rendah lemak atau tanpa lemak yang bisa dijadikan pilihan bagi para konsumen. Tetapi perlu diingat produk ini juga masih mengandung gula. Jadi perhatikan saran penyajian yang tertera pada kemasan produk sebelum mengonsumsinya.

Itulah tips cerdas mengonsumsi susu kental manis agar kesehatan kita tidak terganggu karenanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *