Konsumsi micin bikin pusing?

 Seputar Ligacapsa  – Micin memang digolongkan sebagai makanan yang mengandung MSG (monosodium glutamat). Dan tak baik bila dikonsumsi terus menerus.Bahkan mungkin anda pernah mengalami sindrom kompleks MSG. Kondisi ini seperti halnya pusing yang diakibatkan karena tubuh mengonsumsi micin.

Bahaya micin selain pusing ialah mual bahkan hingga dada terasa sesak. Biasanya ini terjadi usai mengonsumsi makanan dengan jumlah micin banyak.

Efek MSG ini tidak terjadi pada semua orang. Walau begitu sindrom kompleks MSG dengan keluhan pusing, migrain, mual itu hanya terjadi pada beberapa orang.

“Meski banyak laporan yang diduga karena MSG, tapi penelitian akan efek MSG masih terbatas. Namun, tetap ada perawatan bila mengalami keluhan usai mengonsumsi MSGm tergantung pada gejala dan tingkat keparahan,” kata dokter Jane Leonard mengutip laman Medical News Today, Senin (2/7/2018).

Bila keluhan masih ringan, seperti pusing atau migrain terjadi usai mengonsumsi makanan yang mengandung micin atasi dengan minum teh jahe atau teh peppermint. Pastikan juga tetap minum banyak air dan bila perlu mengonsumsi obat sakit kepala saran Leonard.

Belum ada alasan pasti kenapa teh jahe bisa meredakan perut yang tak nyaman. Diduga, karena ada gingerol, bisa mengendalikan kadar serotonin di otak. Kehadiran gingerol bisa mengurangi mual dan sakit kepala.

Sementara kandungan teh peppermint disarankan dikonsumsi karena dapat memecah lemak dalam sistem pencernaan. Hal ini bisa mengurangi rasa mual seperti disampaikan Jane.

Pastikan juga tetap mengonsumsi banyak air bila mengalami keluhan usai minum MSG. Jika, pusing tidak tertahankan untuk minum obat sakit kepala.

Bila kondisi parah

Bila seseorang menderita gejala yang lebih parah usai mengonsumsi makanan yang kemungkinan mengandung MSG ada baiknya segera langsung ke dokter. Beberapa orang ada yang mengeluhkan sulit bernapas, nyeri dada, dan alergi usai mengonsumsi makanan mengandung MSG.

Salah satu kasus di Mahad, India dilaporkan pada 2017 kehilangan suara dan tidak bisa menelan usai mengonsumsi makanan mengandung MSG. Kondisi yang dialami pria 23 tahun itu ditulis dalam Indian Journal of Critical Care Medicine.

Sesampainya di rumah sakit, dokter mengatakan kondisi mulutnya membengkak. Dokter menduga hal tersebut terjadi usai ia mengonsumsi makan nasi goreng di restoran Cina semalam sebelumnya. Pria itu juga mengeluh pusing dan gatal di seluruh tubuhnya beberapa hari.

Jika membahas mengenai penyebab pusing, memang bukan hanya karena faktor mengonsumsi micin saja. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan pusing, seperti bermain hape dan membaca di dalam mobil saat dalam perjalanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *