Firefox uji coba fitur terbaru

Seputar Ligacapsa – Firefox nampaknya akan mulai menjaga keamanan akun penggunanya lebih ketat lagi. Seperti yang dilaporkan Forbes dan TNW, Selasa (3/7), pihaknya akan memberikan notifkasi kepada para penggunanya bilamana akunnya disusupi gangguan. Langkah ini, Firefox tak sendirian. Mereka bakal bekerja sama dengan Internet HaveIBeen Pwned (HIBP).

HIBP ini merupakan situs keamanan internet milik Troy Hunt yang mampu mengidentifikasi ketika adanya gejala keamanan data. Nantinya, untuk mendapatkan notifikasi itu, pengguna cukup mendaftarkan alamat e-mail. Kemudian, pihak Firefox dan HIBP akan yang menjalankan fungsi semestinya.

Notifikasi itu akan keluar jika ada gejala tersebut dengan munculnya jendela pop-up. Lalu, sistem akan menganjurkan penggunanya untuk mengecek alamat e-mail yang fungsinya mengetahui apakah pengguna terkena dampak dari kebocoran data. Untuk saat ini, sistemnya masih dalam tahap perencanaan dan pengujian.

Sekadar diketahui, ini merupakan kerja sama kedua antara dua perusahaan tersebut. Pada bulan November 2017, kedua perusahaan meluncurkan fitur Breach Alerts dapat membantu pengguna yang mengunjungi situs yang pernah mengalami kebocoran data.

Kabarnya, uji coba itu akan selesai minggu depan dan bisa dilakukan 250 ribu pengguna terutama untuk yang berada di AS. Jika berhasil, rencananya adalah membuat layanan yang tersedia untuk semua penggunanya di seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *