2 Pencuri di Bekasi diringkus polisi

Seputar Ligacapsa – Dua pencuri spesialis rumah yang kosong ditinggal mudik dibekuk di Bantargebang, Kota Bekasi. Keduanya, EF (28) dan I (34) ditangkap usai menyatroni rumah kosong milik Imam Santoso di Perumahan Pondok Timur Indah RT 06 RW 15, Kelurahan Mustikasari, Kecamatan Mustikajaya, Jumat lalu.

“Tersangka EF tersangka kami lumpuhkan karena melawan ketika ditangkap,” kata Kapolsek Bantargebang Kompol Siswo, Senin (11/6).

Ia mengatakan, tersangka yang ditangkap lebih dulu adalah I. Pasalnya, I tepergok pemilik rumah yang pulang usai bertandang ke kerabatnya. Korban yang melihat itu segera berteriak maling, lalu mengundang perhatian warga.

“Tersangka I ditangkap dulu oleh warga, lalu diserahkan kepada aparat kepolisian,” ujar Siswo.

Polisi lalu menginterogasi I, kemudian didapatkan tempat tinggal tersangka lain EF di wilayah Bantargebang. Alhasil, polisi menggerebeknya, rupanya EF mencoba melawan sehingga polisi melakukan tindakan tegas dengan menembak betisnya.

Dari tangan para tersangka, polisi menyita dua cincin mutiara, dua buah liontin emas, satu cincin bayi dan satu gelang bayi serta uang tunai Rp 1,5 juta milik korban. Dalam beraksi, pencuri membekali diri dengan linggis, lalu merusak pintu utama.

Siswo mengatakan, komplotan ini menyasar rumah kosong yang ditinggal penghuninya. Apalagi menjelang Lebaran, banyak rumah yang ditinggal mudik menjadi sasaran empuk pelaku. Beruntung, kata dia, pelaku segera tertangkap sebelum korban bertambah banyak.

“Kami mengimbau agar warga yang mudik menitipkan rumahnya ke saudara atau ke tetangga atau pun ke petugas keamanan,” kata dia.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kedua tersangka kini mendekam di sel tahanan Polsek Bantargebang. Dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian, ancamannya hukuman penjara selama tujuh tahun