Sulit bandingkan layanan operator seluler

Seputar Ligacapsa OpenSignal baru saja merilis laporan terbarunya mengenai operator seluler di Indonesia. Menariknya dalam laporan itu menyebutkan bahwa Smartfren dapat menyaingi Telkomsel dalam ketagori kecepatan download internet 4G secara keseluruhan di kota-kota besar di Indonesia. Misalnya saja di kota JakartaSurabaya,Makassar, dan Semarang.

Dalam laporan itu menyebutkan bahwa Smartfren memiliki kecepatan download 9,83Mbps, sementara Telkomsel berada di posisi di bawahnya, yakni kecepatan download 8,42Mbps.

Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah pun angkat bicara. Menurutnya, jika ingin membandingkan selayaknya dilakukan dengan layanan operator serupa dengan Telkomsel. OpenSignal melakukannya dengan tidak sepenuhnya sama.

Meskipun sama-sama antara Smartfren dan Telkomsel menghadirkan layanan internet. Maksudnya, layanan ditawarkan Telkomsel terdiri dari 3G dan 4G. Sementara Smartfren, murni 4G.

“Seharusnya membandingkan secara apple to apple, jangan apel sama durian. Jadi kalau mau membandingkan 4G to 4G, jangan bandingkan 4G to 3G,” kata Ririek kepada awak media di kantornya, Telkomsel Smart Office (TSO), Jakarta, Jumat (9/6).

Selain Ririek, Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan pun turut berpendapat. Dikatakannya, merujuk pada laporan tersebut, dari 7 kategori yang ada, Telkomsel unggul di 5 kategori.

Dia menambahkan, dari segi pengalaman pelanggan, pelanggan Telkomsel jugalah yang memiliki pengalaman terbaik saat menggunakan jaringan internet. Oleh karena itu, menurutnya, akan sulit membandingkan layanan milik Telkomsel dan Smartfren secara apple to apple jika kondisi di lapangan tidak sama.

“OpenSignal dipakai secara global dan hasilnya hanya akan tinggi validity-nya untuk mengukur dengan coverage yang sama. Sementara, Telkomsel (layanannya) di mana-mana dan Smartfren layanannya di Jawa,” kata Bob

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *