17 Wisata Surabaya Lengkap, Terbaru, dan Hits di 2018

LIFESTYLE– Sebab kota terbesar di Jawa Timur, tentu kamu tak boleh melewatkan agenda wisata Surabaya di liburan kali ini. Memang, ada begitu banyak pusat perbelanjaan atau mall di Surabaya. Namun di daftar wisata Surabaya kali ini, kamu akan disuguhi wisata Surabaya non mall.

Apa saja? Mari mulai dari wisata Surabaya dengan harga murah atau bahkan gratis.

Wisata di Surabaya yang murah

Wisata Surabaya murah bukanlah hal yang mustahil. Malahan tempat wisata murah berikut ini menyuguhkan beragam pemandangan unik dan menarik. Ini dia daftarnya.

 

1. Taman Bungkul

Surabaya terkenal dengan taman-tamannya yang cantik. Tak terkecuali dengan Taman Bungkul yang terletak di jantung kota Surabaya. Di taman ini kamu bisa menikmati suasana kota Surabaya sambil melihat muda-mudi bermain skateboard. Bahkan di dekat Taman Bungkul terdapat wisata kuliner berupa nasi rawon yang enak sekali.

2. Gedung Grahadi

Surabaya dipenuhi dengan beragam bangunan tua. Salah satunya adalah Gedung Grahadi yang dibangun pada tahun 1975 oleh G.C Citroen dengan gaya arsitektur neo klasik. Hingga saat ini Gedung Grahadi masih dimanfaatkan sebagai kantor pemerintahan.

3. Masjid Laksamana Ceng Ho

Sesuai dengan namanya, Masjid Laksamana Ceng Ho memiliki arsitektur Tionghoa yang terkenal dengan relief naga dan patung singa namun terdapat lafaz Allah dengan huruf Arab. Masjid ini dibangun sebagai bentuk penghormatan terhadap Laksamana Ceng Ho yang memiliki peranan penting dalam menyebarkan agama Islam di Surabaya.

4. Pantai Ria Kenjeran

Jika kamu melakukan wisata Surabaya, jangan lewatkan untuk berwisata ke Pantai Ria Kenjeran. Selain menikmati pemandangannya yang indah, kamu juga bisa berbelanja oleh-oleh khas Surabaya.

5. Tugu Pahlawan

Wisata Surabaya murah lainnya yang bisa kamu kunjungi adalah Tugu Pahlawan. Monumen yang dibangun di pusat kota Surabaya ini ditujukan untuk mengenang jasa pahlawan yang telah gugur. Di bawah taman Tugu Pahlawan ini terdapat museum yang berisi foto dokumentasi pembangunan Tugu Pahlawan.

Wisata terbaru di Surabaya 2018

Meski dikenal sebagai kota Pahlawan, geliat industri kreatif juga ada di Surabaya dan kamu bisa melihatnya pada pembangunan beberapa objek wisata terbaru ini.

 

6. Jalan Gula

Nama Jalan Gula di Surabaya saat ini sedang naik daun. Padahal Jalan Gula adalah sebuah gang sempit yang terletak di antara bangunan tua. Meski terlihat lapuk, namun Jalan Gula sukses merebut hati mereka yang menyukai nuansa vintage sehingga mereka bisa berfoto dengan background dinding bangunan lapuk.

7. Hutan Mangrove Wonorejo

Di tengah panasnya Surabaya, kamu bisa sejenak berteduh di kawasan Hutan Mangrove Wonorejo. Biasanya para wisatawan suka mengambil foto di jembatan papan kayu yang dikelilingi tanaman bakau.

8. Dipo Lokomotif Sidotopo

Area tempat penyimpanan gerbong kereta api yang sudah tidak terpakai ternyata bisa dimanfaatkan sebagai objek wisata lho. Dan Dipo Lokomotif Sidotopo adalah contohnya. Meski begitu, area ini bukanlah objek wisata yang bebas dikunjungi. Sehingga jika kamu ingin melakukan wisata Surabaya di sini maka kamu harus meminta izin terlebih dahulu pada petugasnya.

9. Jalan Tunjungan

Jalan Tunjungan tak melulu identik dengan Tunjungan Plaza. Sebab di sekitar sini terdapat beragam bangunan tua yang bisa kamu jadikan objek berfoto kala melakukan wisata di Surabaya. Asyiknya lagi, terdapat lampu-lampu yang menggantung di sepanjang Jalan Tunjungan yang jika dinyalakan di malam hari akan menciptakan suasana romantis.

10. Kampung Warna-Warni Bulak

Kampung Bulak yang terletak di Kenjeran dulunya adalah kawasan kumuh. Namun kali ini kamu bisa melakukan wisata Surabaya di kawasan ini karena seluruh bagian luar rumah di Kampung Bulak telah dicat warna-warni. Selain berfoto, di sini kamu juga bisa berbelanja di Sentra Ikan Bulak sehingga kamu akan membantu meningkatkan perekonomian warga sekitar.

Wisata malam di Surabaya

Sebagai kota besar, Surabaya tak kehilangan pesonanya bahkan hingga di malam hari. Kamu bisa melakukan wisata malam kala berada di Surabaya dengan mengunjungi beberapa tempat ini:

11. Taman Pelangi

Ada begitu banyak taman indah di Surabaya. Salah satunya adalah Taman Pelangi dengan daya tarik 31 tiang yang disusun dalam pola lengkung menyerupai ruas daun dan dihiasi lampu warna-warni yang akan terlihat begitu cantik di malam hari.

12. Taman Apsari

Tak hanya di Taman Pelangi saja kamu bisa melakukan wisata malam Surabaya. Kamu pun bisa berkunjung ke Taman Apsari yang terletak di Jalan Pemuda, tepatnya di seberang gedung Grahadi. Taman Apsari sendiri selalu ramai dikunjungi para muda-mudi Surabaya dan komunitas kreatif yang ada di kota ini.

13. Jembatan Nasional Suramadu

Jembatan Suramadu memang memiliki fungsi utama sebagai alat penghubung Pulau Madura dan Jawa Timur. Namun jika kamu melewatinya di malam hari, maka akan tersaji pemandangan indah nan eksotis karena lampu jembatan yang menyala dipadu dengan pemandangan gedung pencakar langit yang ada di Surabaya.

14. Wisata Surabaya Carnival

Ingin bermain di taman hiburan pada malam hari? Datanglah ke Wisata Surabaya Carnival atau Suroboyo Carnival Park. Di sini kamu bisa bermain sepuasnya dengan menjajal berbagai macam jenis wahana yang menyenangkan seperti Ferris Wheel (Gondola), Bledek Coaster, Blueshake, Lampion KBS, Pendulum, Pirate Ghost Ship, dan lain sebagainya. Wisata Surabaya Carnival terletak di Jl. Ahmad Yani no 333, Surabaya.

Wisata di Surabaya barat

 

15. G-Walk

G-Walk atau Gapura Walk merupakan kawasan kuliner di area Surabaya Barat yang sebenarnya merupakan kawasan perumahan. Namun G-Walk terkenal sebagai pusat kuliner di daerah Surabaya Barat, terutama bagi kamu yang hobi melakukan wisata kuliner di malam hari.

16. Food Festival Pakuwon City

Selain G-Walk, ada pula Food Festival Pakuwon City yang juga bisa kamu jadikan tujuan untuk wisata kuliner di malam hari kala berada di Surabaya. Sesuai namanya, Food Festival Pakuwon City terletak di area Pakuwon yang ada di Surabaya barat.

17. Surabaya North Quay

Siapa sangka bahwa tempat bersandarnya kapal pesiar internasional bisa dijadikan tempat wisata? Dan hal inilah yang disajikan oleh Surabaya North Quay. Terletak di lantai 2 dan lantai 3 Terminal Gapura Surya Nusantara, Surabaya North Quay juga menyajikan hiburan live musik, wisata kuliner, hingga tempat berkumpulnya komunitas industri kreatif.

Surabaya selalu menawarkan banyak objek wisata menarik untuk dikunjungi. Jadi jika kamu sedang kehabisan ide liburan dan kebetulan sedang berada di Surabaya, tak ada salahnya untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *